Rawon Surabaya

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Nasi Rawon adalah salah satu makanan khas Indonesia yang tidak bisa lepas dari lidah warga Indonesia. Kuah hitam-nya yang khas dengan daging empuk adalah menu yang biasa disantap warga Indonesia.

Beragam jenis nasi rawon dijual oleh pedangang di seluruh penjuru Indonesia dengan varian yang berbeda. Nah, bagi kamu yang sedang berkuliner di Surabaya, berikut ini adalah lima tempat makan nasi rawon paling mantap dan terfavorit. Check it out!

1. Rawon Kalkulator

Instagram.com/lwekoh

Banyak yang bertanya mengapa kedai satu ini dinamai Rawon Kalkulator. Ternyata di kedai ini, para penyajinya memiliki kemampuan menghitung cepat saat pelanggan membayar, oleh sebab itu dijuluki seperti kalkulator. Berdiri sejak 1975, kedai ini menjadi salah satu favorit warga Surabaya untuk menyantap hangat-nya nasi rawon.

Kedai Rawon yang berada di Taman Bungkul, Surabaya ini seakan gak pernah sepi dari pengunjung, terutama saat malam hari. Nah, selain menu rawon, kamu juga bisa memesan soto khas Surabaya yang tak kalah nikmat-nya lho!

2. Rawon Gajah Mada

Instagram.com/yusnitakaruna

Menu utama di kedai ini adalah nasi rawon empal dengan kuah rawonnya yang pekat dan bumbu kluwek yang dominan. Nasi rawon di kedai satu ini dikenal dengan dagingnya yang empuk dan rasanya yang mantap. Berlokasi di Jalan Raya Jemur Sari No.17A, Wonocolo, Jemur Wonosari, Wonocolo, kedai ini menyediakan menu Nasi Campur Rawon yang kuahnya terpisah dan isi lauknya super menggiurkan. Mantap!

3. Rawon Setan

Instagram.com/eddy.9un

Kedai satu ini mungkin sudah gak asing lagi di telinga pecinta kuliner Surabaya. Menyuguhkan menu nasi rawon yang mengenyangkan, kedai ini menyediakan potongan daging sapi yang besar lagi empuk. Oleh sebab itu, kedai ini dijuluki rawon setan oleh masyarakat Surabaya.

Berlokasi di Jalan Embong Malang, nomor 78/II, Genteng, Kota Surabaya, kedai ini ternyata sudah memiliki cabang di Puri Kembangan, Jakarta Barat. Juara!

4. Warung Pojok Moro Seneng

Instagram.com/sasmitaedo

Salah satu rekomendasi lainnya adalah Warung Pojok Moro Seneng yang berlokasi di Jl. Pucang Anom (Depan Toko Tekstil Moro Seneng), Pucang Sewu, Surabaya. Kalau warung satu ini terkenal dengan daging empal yang cocok disantap dengan nasi rawon hangat di malam hari.

Menariknya, di warung ini kamu juga bisa memesan nasi pecel rawon lho! Buka dari jam setelah maghrib hingga tengah malam, warung ini gak pernah sepi dari serbuan para pengunjung.

5. Rawon Pak Pangat

Instagram.com/sbykulinerinfo

Sajian rawon yang gak kalah enak adalah rawon buatan Pak Pangat. Berisi nasi dengan kuah hitam, kecambah kecil serta taburan bawang goreng, sepiring nasi rawon di kedai ini siap memanjakan lidah-mu. Uniknya, di kedai ini kamu dapat menemukan empal suwir yang empuk dan gurih serta telur asin yang menggugah selera.

Terletak di Ruko Lotus Jalan Ketintang Selatan, dekat Masjid Agung Surabaya, rawon satu ini sayang untuk kamu lewatkan, guys!

Nah, menjadi salah satu ciri khas Jawa Timur, nasi rawon wajib kamu santap ketika berkunjung ke Surabaya, ya!