SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim no urut 2, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno, akan meningkatkan jumlah wanita pengusaha di Jatim. Jumlah wanita pengusaha di Jatim masih minim. Padahal saat ini wanita memiliki peran besar dalam ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jatim.

“Sekarang sudah banyak jumlah wanita yang jadi pengusaha khususnya yang terlibat dalam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tapi jika dibandingkan dengan laki-laki jumlah pengusaha perempuan masih sedikit,” ujar Gus Ipul, saat menjadi pembicara dalam Peringatan Puncak HUT Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Pelantikan Pengurus DPC IWAPI Kabupaten Tuban Periode 2018-2023, Selasa 27/2.

Menurut Gus Ipul, kontribusi UMKM terhadap pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim mencapai 54 persen. Ditengah kondisi krisis ekonomi yang masih bergejolak, kondisi ekonomi Jatim terbilang masih kondusif karena ditopang UMKM.

“Sektor UMKM hingga saat ini masih menopang lebih dari separuh perekonomian Jatim. Dengan kontribusi mencapai 54 persen pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim,” katanya.

Gus Ipul memaparkan, kontribusi UMKM itu dibuktikan dengan tingginya sumbangan UMKM terhadap PDRB Jatim yang mencapai sekitar Rp900 triliun mulai Januari hingga Agustus 2016. “Januari hingga Oktober 2015, sumbangan sebesar Rp1.100 triliun. Belum lagi, UMKM tercatat menyerap 90 persen tenaga kerja di Jatim, 2 persen usaha menengah, dan 1 persen usaha perusahaan besar,” jelasnya.

Dalam acara yang juga dihadiri istri Gus Ipul, Hj Fatma Saifullah Yusuf selaku Penasihat DPD IWAPI Jatim dan Ketua DPD IWAPI Jatim S. Rahmawati ini, Gus Ipul mengaku sangat bangga karena ada UMKM yang sudah ekspor. Contohnya adalah produk kripik tempe dan tahu yang sudah ekspor ke Amerika Serikat.
“ Sebelum acara saya lihat-lihat produk UMKM binaan IWAPI. Ada kripik tempe dan tahu merek Eyang Marko yang ekspor ke Amerika. Tentu ini sangat membanggakan. Jika kripik tempe dan tahu saja bisa ekspor, tentu produk yang lain bisa ekspor juga,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga mengatakan dalam salah satu programnya bersama cawagub Puti Guntur Soekarno akan ada program khusus untuk mendorong pengusaha prerempuan. Yakni, dalam program PKH Super. Di dalamnya, Gus Ipul menyiapkan pemberian modal usaha untuk perempuan miskin melalui Jalin Mitra Plus.”Ini juga sebagai upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi keluarga masyarakat Jawa Timur,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IWAPI Jatim S. Rahmawati berharap dengan pelantikan pengurus DPC IWAPI Tuban, kinerja para wanita pengusaha didaerah ini semakin baik. “Mari terus bekerja dan berkarya untuk menumbuhkan perekonomian bangsa yang lebih baik. Alq