L. M. Alfian, Public Relation Siropen sedang menjelaskan produk Siropen pada pelanggan. (EKA/SP)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Surabaya selain dijuluki Kota Pahlawan ternyata juga menyimpan kekayaan sejarah yang luar biasa dalam hal kuliner.
 
Salah satunya adalah Siropen. Minuman khas Surabaya ini berdiri sejak tahun 1923 dan menjadikannya sirup pertama di Indonesia khususnya Surabaya.
 
"Siropen pada dasarnya sama dengan sirup lain, tetapi kami memiliki treatmen berbeda untuk pengolahan yang tidak akan ditemukan pada sirup lain," turur L. M. Alfian, Public Relation Siropen, kepada Surabayapagi.com.
 
Alfian menegaskan, treatmen yang dipertahankan siropen sudah dipraktekan sejak awal berdirinya perusahaan sirup tersebut.
 
"Karna dulu yang mendirikan orang Belanda jadi pengolahannya pun mirip dengan sirup-sirup di Eropa pada umumnya," lanjutnya.
 
Selain memiliki nilai historikal yang tinggi, Siropen memiliki keunikan lain, yaitu pengolahan sirup pada siropen masih dilakukan dengan tenaga manusia. Hal ini dilakukan agar tidak menghilangkan kualitas rasa aslinya.
 
Saat ini Siropen sendiri sedang membidik pasar Cafe dan Resto. Meskipun dapat dikatakan kuno, Alfian yakin dengan berbagai inovasi yang dikembangkan Siropen dapat bersaing dengan produk-produk keluaran baru.eka