Bawang Merah dan Bawang Putih

SURABAYAPAGI.com - Kesehatan akan terasa sangat mahal ketika kita jatuh sakit. Untuk berobat ke dokter atau kerumah sakit, kita harus menguras kantong. Namun banyak orang yang tak bersyukur ketika diberikan kesehatan. Bahkan banyak orang yang secara sengaja mneyakiti diri sendii ketika sedang sehat.

Ketika kita sedang sakit, kita memang disarankan untuk pergi kedokter. Namun, tak semua penyakit harus pergi ke dokter. Kita bisa melakukan pengobatan alami atau tradisional dirumah dengan menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang ada dirumah dan biasa digunakan sebagai bumbu dapur.

Bumbu-bumbu dapur yang selama ini kita gunakan sebagai bumbu masak juga ternyata memiliki khasiat tersendiri dalam mengobati berbagai penyakit. Nah, berikut Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Untuk Pengobatan.

Jahe

1. Jahe

Bumbu dapur pertama yang berkhsiat untuk pengobatan berbagai penyakit adalah jahe. Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita semua akan khasiat jahe bagi kesehatan. Jahe memiliki khasiat menghangatkan tubuh sehingga dapat mengobati berbagai penyakit seperti mual, kembung, masuk angin, batuk, sakit tenggorokan, pilek dan lain sebagainya. Cara menggunakannya anda dapat membuat minuman yang berbahan jahe atau yang biasa disebut dengan istilah wedang jahe.

2. Kunyit

Masih satu family dengan jahe, kunyit juga merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kunyit dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya diabetes militus, disentri, usus buntu, gusi bengkak, melancarkan asi, nyeri haid, menstruasi tidak lancar, amandel dan lain sebagainya. Cara menggunakannya sama dengan jahe, yaitu gunakan kunyit sebagai minuman. Parut kunyit dan campurkan dengan air hangat, beri sedikit garam dan madu, kumudian anda minum setiap hari.

3. Bawang merah

Bumbu dapur berikutnya yang dapat menjadi obat adalah bawang merah. Bawang merah dapat mengatasi masalah perut kembung, batuk, pilek, demam dan lain sebagainya. Biasanya digunakan untuk anak balita. Kandunga zat pada bawang putih seperti patu, saponin, peptide, metitallin, dihidroallin, minyak astiri, dan lain sebagainya yang baik sekali untuk kesehatan.

4. Bawang putih

Bumbu dapur terakhir yang berkhsiat untuk pengobatan adalah bawang putih. Tentu kita semua tahu akan khasiat bawang putih. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat efektif dalam menangkal penyakit kanker yang sangat mematikan. Selain itu bawang putih juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat proses penuaan, dan dapat menurunkan kolesterol.

Demikianlah informasi tentang Bumbu Dapur Yang Bermanfaat Untuk Pengobatan. Meskipun dianggap sepele, namun bumbu-bumbu dapur diatas memang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. (viv/02)