SURABAYAPAGI.com - Belakangan ini marak beredar produk kecantikan Aloe Vera Gel yang dijual di toko online maupun offline. Sudah banyak juga review tentang produk lidah buaya, yang rata-rata merekomendasikan karena memang khasiatnya nyata. Well, sebenarnya apa sih manfaat lidah buaya untuk kecantikan?

Kim Chang, ahli estetika dengan Baylor Aesthetics Studio mengatakan ternyata lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selama ini orang berpikir jel lidah buaya biasanya digunakan ketika terkena terlalu banyak sinar matahari. Padahal, jel ini bisa mengobati jerawat ataupun luka bakar

"Lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, Vitamin A dan C, dan sangat anti-inflamasi. Dapat membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan kulit kering," kata Chang.

Chang menambahkan, ketika berhadapan dengan jerawat, lidah buaya bekerja paling baik pada permukaan berjerawat daripada jerawat cystic atau jerawat yang lebih dalam. Jerat cystic itu adalah jerawat batu.

"Enzim di dalam lidah buaya juga dapat membantu mengelupas kulit untuk membuatnya lebih halus, tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih kuat, saya akan merekomendasikan menggunakan exfoliator kasar yang dipasangkan dengan pelembab murni," katanya.

Meskipun lidah buaya dapat membantu melembabkan, kata Chang, ketika digunakan secara berlebihan, juga bisa mengeringkan kulit. Dia mengatakan bahwa enzim bertindak seperti exfoliator dan setiap kali kulit yang terkelupas terlalu banyak, akan mulai menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering tergantung pada jenis kulit Anda.

Manfaat lain dari Aloe Vera adalah dapat membantu mengatasi garis kerutan dan keriput.

"Satu pertanyaan yang populer adalah, bisakah itu membantu menghilangkan kerutan saya, dan jawaban sederhananya adalah tidak. Hal penting yang perlu diingat adalah, lidah buaya tidak membalikkan kulit Anda dari penuaan, tetapi membantu Anda mencegah kerutan dan garis yang lebih dalam," tambah Chang.

Lidah buaya juga dapat digunakan pada rambut untuk mengobati ketombe dengan menggosokkannya ke rambut dan kulit kepala.

Bisa digunakan secara langsung

Chang mengatakan, apabila Anda menggunakan aloe vera gel langsung dari tanamannya, berhati-hatilah ketika memotong daun tanaman. Ambillah bagian dalam yang berbentuk gel dan oleskan ke daerah yang ingin diobati.

Tapi, jika Anda ingin produk yang langsung jadi, Chang mengatakan produk yang mengandung Aloe juga berfungsi dengan baik. Meskipun tanaman segar lebih baik, manfaat menggunakan produk yang mengandung lidah buaya biasanya juga mengandung bahan-bahan lain yang membantu mengobati.

Selain produk kosmetik, Chang mengatakan ada juga produk minuman yang mengandung Aloe Vera.

"Beberapa orang percaya minuman Aloe Vera mungkin membantu mendukung kolagen di kulit Anda yang mencegah tanda-tanda penuaan, tetapi ada sedikit penelitian untuk mendukung klaim ini," katanya.