SURABAYAPAGI.com - Gedung Putih memastikan pertemuan Presiden Amerika Serikan Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan berlangsung pada Selasa pekan depan, 12 Juni 2018, di Hotel Capella di Pulau Sentosa Singapura.

Dilansir ChannelNewsAsia, kepastian tersebut disampaikan juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders pada Selasa, 5 Juni 2018.

"Kami berterima kasih kepada tuan rumah Singapura atas keramahtamahan mereka," tulis Sanders dalam sebuah posting di Twitter yang mengumumkan tempat untuk pertemuan 12 Juni yang direncanakan.

Trump mengatakan kepada wartawan di acara Oval Office bahwa rencana pertemuan pertamanya dengan Kim Jong Un berjalan dengan sangat baik.

"Banyak hubungan yang dibangun, banyak negosiasi yang terjadi sebelum perjalanan," kata Trump. "Kita akan lihat apa yang terjadi. Tapi ini sangat penting, ini akan menjadi beberapa hari yang sangat penting,"

Pertemuan Trump dengan Kim pernah dibatalkan pekan sebelumnya, namun kembali dijadwalkan setelah delegasi Korut membawa surat dari Kim kepada AS. Trump berharap pertemuannya dengan pemimpin Korut nanti, memberikan kesepakatan-kesepakatan dan hasil positif.

Mantan pejabat dan analis AS mengatakan jika pertemuan kedua pemimpin menghasilkan deklarasi perdamaian, ini bisa menjadi torehan besar bagi Trump di panggung dunia.

Sementara itu, Singapura yang menjadi tuan rumah KTT kedua pemimpin ini telah menetapkan area khusus di Pulau Sentosa sebagai lokasi pertemuan. Langkah-langkah pengamanan ekstra akan berlaku di daerah tersebut pada periode 10-14 Juni mendatang.

Adapun Hotel Capella di Pulau Sentosa dipilih karena terletak di atas 12 hektare tanaman hijau yang rimbun dan terawat, dengan nuansa bangunan kolonial.

Hotel yang terdiri dari 112 kamar ini dirancang oleh arsitek Inggris Norman Foster. Sejumlah artis dunia pernah singgah di hotel ini ketika melangsungkan tur di Singapura, sebut saja Madonna dan Lady Gaga.