Aksi Bersama, Surabaya Peduli Gempa Lombok.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Bencana Alam yang terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat mengundang perhatian banyak pihak. Tak hanya sebagai bahan wacana, sekelompok komunitas pecinta alam bergerak menggalang dana atas inisiatif kemanusiaan.

Seperti yang dilakukan Komunitas Sedulur Meru, Gogor Sejati dan beberapa komunitas pecinta alam lainnya, yang melakukan penggalangan dana solidaritas untuk Lombok.

Namun, aksi penggalangan dana tak melulu hanya bernyanyi, melainkan, para relawan ini mendandani diri mereka dengan pakaian adat. Ada yang dari Bali, Jawa Mataraman, hingga Palembang. Selain itu,mereka juga berpuisi di Traffic Light Perempatan Jalan HR. Muhammad Surabaya, Minggu (12/8) sore.

"Aksi ini kami lakukan atas inisiatif pribadi. Atas nama kemanusiaan, kami tergerak mencari bantuan apapun bentuknya agar sampai dan mampu meringankan saudara kami yang sedang kesusahan," Sebut Arip Olala yang merupakan koordinator aksi solidaritas itu.

Arip menyebut, jika aksi penggalangan dana ini dilakukan secara intensif sejak empat hari lalu. mereka membagi tim ke beberapa titik.

"Ada yang di Sidoarjo kemarin, Sabtu di pertigaan Mastrip. Sekarang disini (Hr. Muhammad)," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu ketua organisasi pecinta alam Gogor Sejati, Fathur Rozi menyebut, jika ia dan beberapa kawannya sesama pecinta alam turut merasakan bagaimana penderitaan korban bencana di Lombok.

"Kami merasakan bagaimana mereka harus kehilangan tempat tinggal, harta benda dan orang terkasih. Tidak bisa kita hanya dengan membayangkan, tapi harus bergerak dengan gerakan kecil mula-mula, jika serentak, insyaAllah bisa bantu mereka," kata Rozi Fals, sapaan akrab pemuda itu.

Hingga hari ini, dana yang sudah berhasil dikumpulkan dari komunitas tersebut mencapai 7 juta rupiah. Selain uang tunai mereka juga menerima baju bekas layak pakai. Rencananya hasil penggalangan dana itu akan disalurkan melalui instansi terkait menuju ke Lombok.



Sekelompok komunitas pecinta alam bergerak menggalang dana atas inisiatif kemanusiaan.