SURABAYAPAGI.com, Karawang - Kelompok Wira Tani mendapat bantuan dari Universitas Indonesia dalam rangka bantuan pembangunan sistem pengeringan dan penggilingan padi untuk Kelompok Wira Tani, Karawang, Jawa Barat.

Bantuan ini termasuk dalam program pengabdian masyarakat melalui dana hibah Islamic Development Bank (IDB).

Mina Elfira, Ketua Tim Pengusul Program mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu petani binaan Wiratani untuk mengeringkan dan menggiling hasil panen sehingga kualitas gabah dapat dijaga.

Setelah itu, mengelola hasil panen sehingga dapat dijual dengan harga yang baik dan meningkatkan daya tawar petani kepada pembeli termasuk kepada tengkulak.

Mina memaparkan, pemilihan Karawang sebagai lokasi pengabdian karena Karawang merupakan salah satu lumbung padi namun akhir-akhir ini kian tergerus karena berbagai faktor di antaranya pengembangan perumahan di kawasan lahan pertanian. “Terjadi alih fungsi lahan persawahan yang massif,” ujar Mina, Senin (5/11).

Menurut Mina, dalam waktu yang sama, para petani kerap terlilit dengan para tengkulak yang justru tidak memberikan keuntungan memadai bagi para petani itu.

Bantuan berupa alat dan sistem pengeringan dan penggilingan padi ini diharapkan dapat memangkas jalur produksi padi atau gabah.

“Jadi mereka tidak lagi terjebak dengan permain tengkulak dan memiliki kebanggaan sebagai petani mandiri,” tutur dia.

Mina menjelaskan, program ini mendapat respons positif dari petani yang tergabung dalam Kelompok Wira Tani. Kelompok ini akan melibatkan sekitar 166 petani dengan luas lahan pertanian sekitar 110 hektar.

Mereka berharap cakupan program lebih luas lagi meliputi sistem dan tekhnik pengemasan.“Dengan demikian panen mereka akan kering sendiri, olah secara mandiri, kemas lalu pasarkan langsung,” kata dia.

Menurut Mina, program ini merupakan program pedana sebagai proyek percontohan. Untuk kedepannya, pihaknya berencana kembali menggulirkan program ini dengan cakupan dan penerima manfaat yang lebih luas lagi bila program tahun ini sukses. (FF)