Ilustrasi pendaki di Gunung Lawu.

SURABAYAPAGI.com - Seorang pendaki asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bernama Alvi Kurniawan hilang saat mendaki Gunung Lawu, Karanganyar. Saat ini tim Basarnas masih pencarian untuk menemukan Alvi.

Humas Basarnas Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan Alvi mendaki pada Senin, 31 Desember 2018. Ia mendaki bersama enam orang rekannya. "Mereka mendaki melalui jalur Candi Cetho," ungkap Yohan, Jumat, 4 Januari 2019.

Alvi dan enam rekannya kemudian mendirikan tenda di bawah pos lima. Mereka bermalam di tempat tersebut.

Dua rekan Alvi meneruskan perjalanan menuju puncak Gunung Lawu pada keesokan harinya (Rabu, 1 Januari 2019). Sedangkan Alvi dan teman-teman lainnya menyusul.

Yohan mengemukakan, di tengah perjalanan Alvi diajak balapan oleh seorang pendaki dari Wonosobo. "Namun saat rekan-rekan Alvi bertemu pendaki dari Wonosobo tersebut, ia tidak bersama Alvi. Dikatakan Alvi telah menuju ke puncak," terangnya.

Akan tetapi menurut dua rekan Alvi yakni Supriyanto dan Anam yang terlebih dahulu sampai di puncak, Alvi belum terlihat.

Rekan-rekan Alvi kemudian menunggu Alvi di tenda hingga pukul 18.00 WIB namun Alvi tak kunjung kembali. "Mereka kemudian melapor pada petugas," ucap Yohan.

Saat ini, pencarian tim Basarnas telah memasuki hari ketiga. Yohan menambahkan, pencarian sering terkendala oleh cuaca. "Cuaca sering mendung, berkabut, jarak pandang menjadi terbatas," katanya.

Basarnas terus melakukan penyisiran maupun melakukan pengiriman logistik. "Semoga survivor ditemukan selamat," pungkas Yohan. mn