Layanan bagasi penumpang pesawat terbang, Foto: MSN.com

SURABAYAPAGI.com - 2 maskapai penerbangan Indonesia mencabut layanan bagasi gratis penumpang mulai tanggal 8 Januari 2018. Kedua maskapai tersebut adalah Lion Air dan Wings Air. Sebelumnya kedua maskapai ini menerapkan layanan bagasi gratis seberat 20 kilogram untuk setiap penumpangnya.

Adanya pencabutan ini, membuat penumpang hanya bisa menikmati layanan bagasi cabin seberat 7 kilogram. Dengan ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

"Setiap pelanggan yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih dari ketentuan bagasi perorangan yaitu 7 kilogram akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya.

Namun untuk penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2018 akan tetap mendapatkan layanan bagasi gratis.

"Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2018 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air," lanjut Danang Jumat 4 Januari 2019 kemarin.

Bagi penumpang yang membawa banyak barang bisa melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage). Voucher bagasi bisa dibeli melalui agen perjalanan (tour and travel), website Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. kp