Ilustrasi jet lag setelah naik pesawat, Foto: Irish Examiner

SURABAYAPAGI.com – Bepergian menggunakan pesawat untuk beberapa orang dirasa lebih nyaman dan efisien. Terkadang setelah naik pesawat timbul perasaan tidak nyaman atau lebih sering disebut dengan jet lag. Jet lag sering terjadi pada penumpang yang menggunakan pesawat untuk perjalanan.

Jet lag sendiri sebenarnya adalah gangguan tidur setelah melewati beberapa zona waktu berbeda ketika melakukan penerbangan menggunakan pesawat. Seseorang yang mengalami jet lag akan merasa lelah, pusing, bahkan mual. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi jet lag setelah melakukan perjalanan.

1. Lemon

Lemon memiliki kandungan air tinggi yang bisa membuat tubuh terhidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat meningkatkan efek samping jet lag yang lebih parah lagi. Cukup campurkan air hangat dan perasan lemon untuk mengurangi rasa pusing dan pegal pada tubuh.

2. Teh

Ganti keinginan minum kopi dengan konsumsi teh. Sebab teh memiliki efek menenangkan. Semisal teh chamomile yang bisa mencegah insomnia dan memperbaiki waktu tidur Anda.

3. Sayuran

Sayuran bisa meredakan masalah pencernaan. Semua sayuran hijau merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium akan membantu menenangkan tubuh sehingga bisa beristirahat dengan baik.

4. Daging Ayam

Konsumsi satu porsi olahan dada ayam dapat menjadi solusi untuk menyingkirkan rasa lelah akibat jet lag. Karena daging ayam mengandung kadar protein tinggi yang berfungsi untuk menjaga energi di dalam tubuh tetap stabil.

5. Jahe

Rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe akan membuat perut lebih nyaman sehingga, rasa mual pun akan hilang. Selain itu, jahe juga kaya akan kandungan melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur agar tetap teratur. kp