Lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya, Rabu (9/1). Foto: SP/IST

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) mencatat popularitas Capres Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur terus meroket hingga tembus di angka 97,7 persen. Sementara rivalnya, Prabowo Subianto, juga tak mau kalah menempel ketat di posisi 94.5 persen.

Sementara di kategori akseptabilitas, kata peneliti senior SSC, Surochim Abdussalam, Jokowi meraih 89.2 persen dan Prabowo 75,5 persen. "Untuk Cawapres Bapak KH Ma’ruf Amin, popularitasnya mendapatkan 72,2 persen, dan 60,8 persen untuk kategori akseptabilitas," terang Surokim saat menggelar hasil suvei lembaganya di Surabaya, Rabu (9/1).

"Lalu untuk Cawapres Sandiaga S Uno, meraih 71,6 persen di kategori popularitas dan 62,6 persen untuk akseptabilitasnya," sambung Surochim.

Dengan hasil survei SSC ini, masih kata Surochim, bahwa pada indikator popularitas dan akseptabilitas masing-masing calon, menunjukkan perbedaan yang tidak begitu signifikan. Kenapa, lanjutnya lagi, meskipun di Jawa Timur ini penduduknya mayoritas santri, tingkat akseptabilitas Kiai Ma’ruf justru kalah dengan sosok Sandiaga S Uno. "Meski demikian, selisih keduanya juga tidak banyak. Hanya terpaut 1,8 persen, masih masuk di dalam margin of error," ucapnya.

Sedangkan terkait elektabilitas masing-masing Paslon, SSC mencatat, pasangan urut 01, Jokowi-Ma’ruf unggul di 55,9 persen, sedang Prabowo-Sandi meraih 32,1 persen.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik hasil survei Lembaga Surabaya Survei Centre (SSC) yang dirilis di Surabaya. Berdasarkan penjelasan Wisnu Sakti Buana, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, satu di antara yang menjadi catatan pihaknya adalah masih besarnya pemilih perempuan yang berada di pihak Jokowi-Ma’ruf.

Menurutnya, hal itu menjadi modal positif bagi pihaknya untuk memenangkan pilpres mendatang. Memang berdasarkan hasil survei tersebut, mayoritas pemilih perempuan (54,3 persen) memilih Jokowi-Ma’ruf dan 33,7 persen memilih Prabowo-Sandi. Tak hanya dari perempuan, mayoritas laki-laki (55,7 persen) juga memilih Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 32,3 persen memilih Prabowo Sandi.

Dari kategori usia yang tergolong emak-emak (generasi X dan baby boomers) pun lebih banyak memilih Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal tersebut sekaligus membantah klaim kubu Prabowo-Sandi yang selama ini selalu diindektikan dengan dukungan emak-emak.

Hasil survei yang dirilis SSC ini berdasarkan riset yang dilakukan pada 10 hingga 20 Desember 2018 di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Riset menggunakan 1.070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.