Para prajurit TNI Kodim 0812 Lamongan saat mengikuti tes urine. FOTO:SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kodim 0812 Lamongan mendapatkan sosialisasi akan bahaya narkoba, dan cara ikut memberantasnya agar peredaran barang haram bisa berkurang, dengan cara ikut mensosialisasikan ke keluarga dan masyarakat.

Bahkan sebagai wujud memerangi barang haram itu, prajurit TNI di lingkungan Makodim melakukan tes urine bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk memastikan kalau prajurit TNI terlibat mengkonsumsi atau tidak barang haram tersebut, sosialisasi dan tes urine sendiri dilakukan di Aula Kadet Soewoko Makodim 0812, Rabu (6/2/2019).

Sosialisasi yang dilakukan oleh tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tersebut, diikuti sekitar 100 orang yang terdiri dari prajurit dan ASN di lingkungan Makodim 0812 Lamongan.

Dandim Lamongan melalui Kasdim Mayor Arh GN. Putu Ardana dalam sambutanya mengatakan, kalau kegiatan sosialisasi akan bahaya narkoba ini cukup penting dilakukan, agar anggotanya bersama keluarga besarnya serta masyarakat tidak terjerumus dengan barang haram.

"Terima kasih kepada Tim P4GN yang telah bersedia memberikan penyuluhan,sehingga kegiatan P4GN Triwulan I TA. 2019 dapat terselenggara di Makodim 0812 Lamongan," kata Putu dalam sambutanya.

Narkoba kata Putu, adalah musuh yg paling berbahaya untuk bangsa sehingga perlu dilawan bersama, karena saat ini Indonesia termasuk darurat Narkoba. "Indonesia saat ini sudah darurat narkoba," jelasnya.

Sosialisai P4GN ini kata Putu, dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan kepada Anggota agar mengerti bentuk atau jenis Narkoba, bahaya narkoba, dan sanksi pengguna narkoba yang berakibat akan dipecat dari dinas TNI, serta di tekankan kepada anggota agar menjauhi barkoba karena saat ini peredaran gelap narkoba cukup tinggi.

Ia berharap, para anggota yang hadir dalam sosialisasi P4GN agar serius dan mendengarkan apa yg disampaikan nara sumber, dan supaya dipedomani dalam penyuluhan yg akan disampaikan oleh Tim P4GN agar tidak menjadi penguna Narkoba.

dr. Mavidatul Laili, Kasi PTM Dinkes Lamongan menyebutkan, tentang pengertian narkoba dan dampak dari penyalahgunaan narkoba. "Pengguna narkoba merupakan tindakan kriminal yang perlu segera kita berantas, lawan dan hindari narkoba dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan berkarya," ajaknya.

Karena dampak dari ketergantungan narkoba adalah dapat mengganggu kelangsungan hidup bagi pengguna dan pemakainya.

Sementara itu, pelaksanaan tes urine kepada anggota Kodim 0812 Lamongan dengan hasil tes urine dari 25 anggota Kodim 0812 Lamongan yang melaksanakan test urine dengan hasilnya negatif atau nihil. jir