•   Selasa, 16 Juli 2019
Peristiwa Nusantara

Banjir Rendam Dua Kecamatan di Kabupaten Jombang

( words)
Dusun Kebondalem yang terendam banjir


SURABAYAPAGI.com, Jombang - Dua kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang Jawa Timur terendam banjir akibat hujan. Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama kurang lebih tiga jam berturut-turut.

Dari data yang dihimpun, Dua kecamatan tersebut yakni Mojoagung dan Sumobito. Di Kecamatan Mojoagung banjir meremdam empat desa yakni, Desa Kademangan, Tanggalrejo, Betek dan Sanan. Sedangkan di Kecamatan Sumobito Banjir merendam di Dua Desa yakni Desa Palrejo dan Balongsono. Ketinggian air bervariasi mulai dari 50 cm hingga kedalaman 1,5 M. Kondisi terparah terletak di Desa Kademangan tepatnya di Dusun Kebondalem ketinggian air hingga 1,5.

Komendan Kodim 0814 Jombang, Letkol Arm Beni Sutrisno mengatakan banjir mulai melanda sejak pukul 02.00 WIB, dini hari dan sejak pukul 07.00 sudah mulai surut.

"Kondisi saat ini banjir yang ada di kecamatan Mojoagung sudah mulai berangsur-angsur surut, dan diperkirakan nanti saat siang hari sudah tidak ada air yang menggenang di kecamatan Mojoagung,"Ujarnya saat meninjau langsung lokasi banjir. Selasa 9 April 2019.

Ia menambahkan, selain hujan hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Mojoagung, banjir juga disebabkan luapan Sungai Gunting yang ada dikecematan Tersebut.

"Tingginya curah hujan sehingga membuat sungai gunting tak mampu menampung debit air dan akhirnya meluap dan terjadilah banjir,"Imbuhnya.

Selain itu berdasarkan pantauan anggota di lapangan banjir akan sudah mulai surut pada siang hari karena saat ini kondisi wilayah yang berkenan sudah mulai berkurang terutama di kecamatan Mojoagung.

"Diperkirakan siang ini banjir sudah tidak ada lagi di kecamatan Mojoagung dan akan mengarah ke barat,"Tandasnya. nur

Berita Populer