•   Rabu, 16 Oktober 2019
SGML

Pasokan Minyak Goreng Minim, Pedagang Pasar Wadul Bupati Fadeli

( words)
Bupati Fadeli saat sidak ke Pasar Tradisonal Sidoharjo Kecamatan Lamongan Kota. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Kurang beberapa hari lagi lebaran akan tiba, dan daya beli masyarakat meningkat tajam. Namun pasokan sejumlah kebutuhan bahan pokok di Lamongan justru berkurang, melihat kondisi seperti ini, pedagang Pasar Sidoharjo Kecamatan Lamongan wadul ke Bupati Fadeli saat sidak, Rabu (29/5/2019).
Satu dari sekian bahan pokok yang pasokannya berkurang adalah minyak goreng. Kelangkaan ini terjadi sejak awal puasa hingga saat ini."Mulai awal puasa sampai sekarang stok minyak goreng berkurang,"kata salah satu pedagang kepada bupati.
Mendengar keluhan seperti itu, Fadeli menampiknya, karena hingga saat ini pasokan minyak goreng ke Pasar Tradisional Sidoharjo masih berjalan normal-normal saja.Bahkan stok minyak goreng masih aman sampai lebaran nanti.
"Tadi ada salah satu pedagang yang mengaku jika minyak goreng mengalami kelangkaan, tapi setelah kita cek di toko lain ternyata masih ada stok banyak," katanya, usai mengelar sidak.

Selain itu, dalam sidaknya kali ini Fadeli memastikan harga bahan pokok di pasar tradisional Sidoarjo. Namun setelah di sidak harga kebutuhan pokok, seperti cabe, minyak goreng, bawang dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya tidak mengalami kenaikan hingga signifikan.
"Alhamdulillah kita pastikan harga kebutuhan pokok di pasar ini tidak ada kenaikan, kalaupun naik hanya Rp 1000 rupiah itu masih wajar," kata Bupati dua periode ini.
Untuk bahan kebutuhan pokok, di pasar tradisional Sidoarjo juga dipastikan aman hingga jelang perayaan hari raya idul Fitri nanti. Meski aman namun pemerintah akan terus melakukan pemantauan terhadap harga di pasar.
"Untuk stok semuanya aman. Dan jumlah pengunjung di pasar yang melakukan aktivitas belanja juga tidak seramai tahu lalu, karena para pembeli tahun ini mereka cukup membelinya di beberapa pasar lainnya di Lamongan, seperti di Paciran, Sekaran, Babat dan lainnya," terangnya.
Dalam sidak itu, Bupati dua periode ini juga membeli beberapa harga kebutuhan pokok, seperti ayam potong, minyak goreng, kerupuk dan daging sapi dan lainnya. Usai memborong bahan kebutuhan pokok, kemudian membagikan bahan dasar makanan itu ke sejumlah warga. "Ketersediaan barang cukup harga juga tidak mengalami kenaikan dan kita pastikan masyarakat tidak akan kesulitan mendapatkan barang," pungkasnya.jir

Berita Populer