•   Sabtu, 14 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Bentuk Panja ASN

( words)
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Berkaitan dengan dibukan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, pihaknya akan membentuk Panitia Kerja (Panja) terkait Apparat Sipil Negara.

Panja ASN tersebut nantinya akan bertugas mengawasi pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan membantu menyelesaikan persoalan tenaga honorer di Lembaga Pemerintahan.

“Kita mau mendorong dibentuk Panja berkaitan ini (ASN). Mungkin judulnya Panja ASN ya, yang fungsinya mengawasi jalannya penerimaan seleksi CPNS, dan menyelesaikan masalah tenaga-tenaga eks honorer itu,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11).

Banyaknya masalah yang ditemukan oleh Komisi II DPR terkait aparatur negara dan birokrasi menurutnya kontradiktif. Pasalnya, pemerintah membuka seleksi CPNS, tetapi tidak menyelesaikan masalah tenaga honorer. Sedangkan jumlah tenaga honorer di instansi pemerintah diketahui menumpuk.

“Kita ingin menyelesaikan masalah honorer yang enggak selesai-selesai. Ini kan sangat kontradiktif, honorer banyak, tapi satu sisi buka CPNS. Itu akan kita kawal melalui Panja,” ujarnya.

Doli juga menyebut, pembentukan Panja ASN dilakukan agar seleksi CPNS dapat diawasi sehingga bisa berjalan dengan baik.

Menurutnya, panitia kerja yang dibentuk tidak hanya Panja ASN saja, beberapa Panja juga akan dibentuk misalnya saja Panja Pemilu. Itu akan dibentuk setelah masa reses DPR.

“Nanti habis reses gitu. Kita punya rencana membentuk beberapa Panja ASN di Internal Komisi II,” pungkasnya.

Berita Populer