Dinsos Jatim Rapatkan Barisan 1600 Personil Tagana

Kadis Sosial Jatim, Alwi, Kamis (10/9/2020).SP/SP

SURABAYA PAGI, Surabaya - Dinas Sosial Provinsi Jatim memastikan 1600 personil Taruna Siaga Bencana (tagana) selalu siap sedia tanpa berhenti melakukan kegiatan selama pandemi Covid-19. Tagana terus memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

"Tim Tagana adalah relawan penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang bekerja secara profesional dan mempunyai kepedulian tinggi terhadap kebencanaan," ujar Kadis Sosial Jatim, Alwi, Kamis (10/9/2020).

Alwi lebih jauh mengatakan, tim Tagana Jawa Timur selalu siap siaga dalam  24 jam dalam menangani setiap bencana yang ada di Jawa Timur.  Tagana di Jatim berjumlah 1600. Mereka memiliki keahlian dalam bidang perlindungan dan jaminan sosial di antaranya Pada fase kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. Yakni Sosialisasi daerah rawan bencana dan jalur evakuasinya, serta menggerakkan penanaman pohon bersama masyarakat  dan anak anak sekolah

 Tagana Jawa Timur bisa menggerakan potensi masyarakat saat terjadi bencana melalui jejaring Tagana yang telah di bentuk. Pada saat paska bencana Tagana bergerak dalam bidang Layanan Dukungan Psykososial (LDP) mendampingi masyarakat baik psikologi perseorangan, kelompok maupun masyarakat. 

 "Mereka juga mendampingi mata pencaharian masyarakat yang hilang akibat bencana dengan menghubungkan kepada banyak pihak yang punya kepedulian dan kapasitas," ujarnya. 

Beberapa kegiatan Tagana di Jatim, antara lain Tagana Kabupaten Gresik melakukan Penyemprotan Disinfektan di  lokasi kegiatan Dinas Sosial Gresik dan Dinas Lingkungan Hidup, Penyemprotan  Disinfektan guna memutus penyebaran Virus Covid-19, Penyemprotan area Kantor Dinas yang meliputi ruang pelayanan, kantor sekretariatan, mushollah, taman dan ruang-ruangan lainnya. (arf)