Indonesia Siap Jadi Lumbung Pangan Dunia

SURABAYAPAGI.com - Kesuksesan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam memanfaatkan banyak potensi agribisnis selama periode kepemimpinannya. Kesuksesan itu menjadikan Mentan Amran beroptimis untuk terealisasinya Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Hal itu dikatakan Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Hamdan Zoelva, di Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini.

"Cita-cita, keinginan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia bukanlah mimpi. Indonesia mampu mewujudkannya. Dan sama-sama kita ketahui, pak Amran punya cara, punya gagasan mewujudkan itu," ujar Hamdan.

Sebagai contoh, ucap Hamdan, Amran Sulaiman langsung cekatan memberdayakan generasi milenial agar berminat menekuni sektor pertanian. Hal itu dianggap akan mendukung strategi pemanfaatan lahan pertanian Indonesia yang luas secara optimal.

"Misalnya di Pulau Kalimantan masih banyak kan lahan persawahan, pertanian, yang belum tergarap, dikelola. Kalau itu mampu dikelola generasi milenial maka pertanian Indonesia kuat dan mampu menyuplai pangan dunia," kata Hamdan.

Sisi lainnya adalah penerapan penggunaan teknologi mesin pertanian yang telah gencar dilakukan Amran Sulaiman. Menurut Hamdan, soal itu dapat bersinggungan dengan strategi menarik generasi milenial ke pertanian.

"Jadi ini (sektor pertanian) perkembangan kinerjanya di Pak Amran harus jadi perhatian bersama. Saat ini telah amat luar biasa," ujar Hamdan seperti dalam siaran pers.

Hamdan meyakini, sektor pertanian mempunyai peranan utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dapat dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di masa Amran Sulaiman yang terus membaik.

Sedangkan Sekjen Majelis Nasional KAHMI Manimbang Kahariady menuturkan, upaya Amran Sulaiman melakukan gebrakan pembangunan pertanian dengan pola modern amat jelas arahnya.

Manimbang menyampaikan, kebijakan yang kerap diputuskan Amran Sulaiman banyak menuju sistem pembangunan pertanian Indonesia yang modern. Dengan begitu ke depannya akan membuat pertanian nasional berkualitas.