Jaga Imunitas Tubuh dengan Si Kuning Menyegarkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 25 Nov 2020 09:21 WIB

Jaga Imunitas Tubuh dengan Si Kuning Menyegarkan

i

Timun Suri. SP/ Desy

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Timun suri merupakan anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah ini memiliki bentuk lonjong dengan kulit berwarna kuning. Di balik bentuknya yang lonjong, buah ini memuat beragam nutrisi seperti asam linoleat, glukosa, fluktosa, vitamin A, C, kalium, potasium, magnesium, saponin, dll, yang semuanya bagus untuk kesehatan serta kecantikan.

 Jika dilihat dari bentuk daun, buah dan bijinya, timun suri berada di antara buah mentimun dan melon. Akan tetapi timun suri lebih dekat kekerabatannya dengan melon karena buahnya beraroma harum saat matang.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Karena kaya air dan serat, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan, diantaranya susah BAB, menderita maag, gastritis, atau tukak lambung harus sering-sering mengonsumsi buah yang juga disebut dengan nama lain “barteh” ini.

Bagi yang mengalami gangguan penglihatan seperti mata kabur atau iritasi, cobalah konsumsi timun suri yang sarat dengan vitamin A. Muatan asam askorbat serta asam caffeic dalam timun suri juga mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.

Salah satu tanda sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun biasanya adalah, ia jadi mudah terserang flu. Namun kandungan vitamin C dari timun suri mampu mengelakkan kondisi lemah tersebut. Di samping itu, biji timun suri terkenal sebagai agen antiradang sehingga dapat mengurangi radang selaput lendir maupun tenggorokan.

Saat mengunyah potongan buah timun suri mentah, produksi air liur akan meningkat sehingga pH rongga mulut jadi netral. Oleh sebab itu, manfaat timun suri bagus dikonsumsi apabila sedang sakit gigi atau menderita radang gusi.

Kali ini kandungan silika dari timun suri yang unjuk gigi menunjukkan khasiatnya. Silika sangat dibutuhkan tubuh agar sendi tetap sehat serta kuat. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, magnesium, folat, maupun kalsium dari buah ini sangat baik untuk mengatasi gangguan rematik atau encok.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Timun suri juga menjadi buah yang aman untuk penderita diabetes. Karena kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan. Sehingga, lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama saat penderita diabetes berpuasa.

Manfaat timun suri lainnya salah satunya adalah membuang racun yang ada di dalamnya. Dengan rutin mengonsumsi timun suri akan membantu mempercepat pembuangan racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi timun suri ternyata mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Pada timun suri terdapat kandungan sponin yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Timun suri, yang memiliki nama lain timun betik atau barteh, ini memiliki kandungan potassium (kalium), magnesium, dan serat yang dapat berperan dalam membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi stabil atau normal. Dsy4

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU