•   Jumat, 13 Desember 2019
Peristiwa Nasional

Pemkab Gresik Canangkan Bangun Taman Holtikultura

( words)
Bupati Gresik (baju putih) meninjau lokasi.


SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan indah, Pemkab akan membangun taman holtikultura. Taman yang akan dimulai pembangunannya pada tahun 2020 tersebut letaknya ada di sebelah barat gerbang pintu keluar kantor Bupati Gresik.

Hari ini, Jumat siang (18/10/2019) Bupati Sambari Halim Radianto memimpin langsung proses awal untuk memulai pembangunan taman holtikultura tersebut.

“Taman Holtikultura ini akan ditanam berbagai jenis tanaman holtikultura, Jumlahnya ratusan bahkan kalau bisa ribuan. Tanaman-tanaman ini akan ditempatkan di pot-pot yang akan diatur sedemikian rupa. Kami ingin taman ini bisa menjadi area penelitian bagi para pelajar dan mahasiswa”, jelas Sambari melalui Plt Kepala Bagian Humas dan Protokol Satriyo Utomo yang ikut mendampingi.

Tahapan saat ini yang dilakukan yaitu pemerataan tanah. Menurut Kepala Bagian Umum Sukardi, tahapan pemerataan ini memang dimulai hari ini dan dipimpin oleh Bupati Gresik yang banyak memberikan petunjuk.

“Tahapan ini kami namakan cut and fill, Kami harus mendatangkan dua alat berat berupa back hoe. Untuk satu alat berat yang kami operasikan saat ini terlalu kecil, sehingga tidak kuat untuk memindahkan batu-batu besar. Sore nanti kami akan datangkan yang lebih besar”, katanya meyakinkan.

Tentang Taman Holtikultura ini, Sesuai keinginan Bupati selain untuk keindahan lingkungan, dia berharap bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa untuk penelitian. Makanya kami harus berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menyiapkan beberapa tanaman holtikultura yang ada di seluruh Indonesia.

“Selain tanaman, ditempat itu juga akan disiapkan taman satwa untuk burung-burung. Burung-burung tersebut kami pelihara untuk berkembang biak. Tahap awal nanti akan disiapkan jala untuk burung-burung itu agar tidak lepas. Seiring burung-burung itu sudah kerasan dengan habitatnya, jala tersebut akan rusak dan berharap burung itu tetap kerasan dihabitatnya” papar Sukardi kepada kepala Plt. Bagian Humas Satriyo Utomo.Qom

Berita Populer