Home / Hukum dan Kriminal : Palsukan Surat Keterangan Belum Pernah Menikah

Linda Pernah Menikah dan Bercerai Masih dengan Nama Endang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Nov 2021 18:31 WIB

Linda Pernah Menikah dan Bercerai Masih dengan Nama Endang

i

Terdakwa Linda Leo Darmosuwito, saat mendengarkan para saksi memberikan keterangan, di ruang Cakra PN.Surabaya, secara online, Kamis (11/11/2021). SP/Budi Mulyono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sidang kasus pemalsuan surat keterangan status lajang ( belum menikah) dengan terdakwa Linda Leo Darmosuwito, kembali digelar, di ruang Cakra PN Surabaya, dipimpin hakim ketua Suparno,Kamis (11/11/2021).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabetania dari Kejati Jatim menghadirkan para saksi yakni mantan Lurah Mojolangu Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang tahun 2009, Joao M. G. De. Carvalho,SIP Trisno Aji, S.E, Sekretaris Lurah Mojolangu, Malang, tahun 2009 Bambang Mujiono, Lurah Mojolangu, Malang, yang sekarang dan Ir. Dahliana, Lusi, Ratnasari, Sekretaris Dukcapil Malang, yang sekarang.

Baca Juga: Bos PT Armadta Jaya Perkasa Diadili di PN Surabaya

Joao mantan Lurah Mojolango 2005-2016 itu terkait penerbitan N1 atau surat pengantar perkawinan. Saksi Joao menyatakan, bahwa surat N1 salah satunya digunakan sebagai syarat pernikahan. Ada syarat yang harus dipenuhi agar N1 terbit.

"Ada pengantar dari RT/RW, fotokopi KTP hingga KK. Sehingga data itu yang menjadi acuan penerbitan surat N1 yang di dalamnya memuat soal status perkawinan apakah sudah kawin atau belum," katanya.

Sehingga kata Joao, pihaknya tak mungkin menerbitkan N1 jika syarat yang diperlukan tak dilengkapi. Jika surat N1 terdakwa Linda menyatakan belum kawin, maka data itu sudah pasti diambil dari data persyaratan yang ada.

Meski begitu, Joao menyatakan bahwa dirinya tak pernah bertemu dengan Linda secara langsung. Sebab proses penerbitan N1 itu diproses terlebih dahulu oleh Kasi Pelayanan Umum. Jika syarat sudah lengkap maka akan dibawa ke ruangannya.

"Kalau banyak otomatis enggak ngecek satu-satu. Kecuali sedikit baru saya cek. Karena kalau berkas sudah ada di ruangan sudah saya anggap benar, lalu saya beri tanda tangan dan akan diambil kembali oleh staf kelurahan," bebernya.

Baca Juga: Gelapkan Rp 3,6 Miliar, Hendra Sugianto Dihukum 26 Bulan Penjara

Mantan Sekretaris Kelurahan Mojolangu Trisno Aji juha menyatakan hal yang sama. Bahwa acuan penerbitan N1 adalah surat pengantar RT/RW, fotokopi KTP dan KK. Meski begitu, Trisno menyatakan tak ingat siapa yang mengurus N1 Linda.

"Tidak ingat siapa yang membawa berkas-berkasnya. Tidak tahu Yang Mulia," ujarnya singkat.

Terhadap keterangan dua saksi terdakwa Linda mengaku keberatan dengan kesaksian Trisno. Linda mengaku ada beberapa keterangan saksi Trisno yang tak sesuai dengan BAP-nya. "Keberatan Yang Mulia," ujar Linda.

Baca Juga: Tipu Rp 3,6 M, Hendra Sugianto Dituntut 4 Tahun Penjara

Namun karena Linda dinilai berbelit-belit saat menyampaikan keberatannya, Ketua Majelis Hakim Suparno  akhirnya meminta Linda untuk lebih jelas. "Saudara terdakwa fokus saja dengan keterangan saksi tadi," katanya.

Setelah mendengarkan para saksi, hakim parno menunda sidang pada hari Senin mendatang, masih dengan mendengarkan keterangan para saksi. nbd

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU