Erick Thohir Dorong Pos Indonesia Maksimalkan Aset untuk Bantu UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 10 Nov 2022 15:38 WIB

 Erick Thohir Dorong Pos Indonesia Maksimalkan Aset untuk Bantu UMKM

i

Menteri BUMN Erick Thohir.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mendorong PT Pos Indonesia (Persero) memaksimalkan asetnya untuk membantu sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia tak ingin Pos Indonesia hanya menjadi perusahaan pelat merah berbasis logistik. Selain itu, PT Pos juga diminta agar dikembangkan ke arah teknologi dan digitalisasi, antara lain melalui platform digital.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, Pedagang Gula Aren di Lebak Beromzet Rp 50 Juta per Hari

Mengenai pemanfaatan aset, Erick Thohir mendorong manajemen PT Pos untuk melakukan terobosan agar gedung-gedung Pos Indonesia bisa tampil dengan wajah baru dan memberikan manfaat bagi UMKM dan generasi muda.

"Sayang kan aset-aset seperti ini kalau mangkrak. Ini harus dimaksimalkan, apakah jadi logistik base atau mendukung UMKM. Dan ternyata bisa seperti yang kita saksikan hari ini, nanti juga akan ada (Pos Bloc) di Medan dan lain-lain," kata Erick Thohir, saat gelaran Satu Festival di Pos Bloc, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Erick pun mengapresiasi langkah transformasi Pos Indonesia yang dinilai berhasil melakukan inovasi pada aspek layanan hingga pemanfaatan aset, seperti mengubah gedung tua menjadi ruang kreatif bernama Pos Bloc.

"Saya terima kasih sama PT Pos, saya ingat sekali pertama saya bicara dengan Pak Faizal, saya saya bilang PT Pos yang saya percayakan kepada Bapak harus bertransformasi," ujarnya.

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

Sementara itu, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan visi Pos Indonesia telah berubah dari network company menjadi platform company. Menurut Erick, hal ini merupakan langkah transformasi perusahaan menjadi platform company berbasis digital.

"Pos nanti akan jadi bintang baru yang kita sebut digital, fisikal dan digital company sehingga lengkap jaringan fisik dan digital," ujar Faizal.

Lebih lanjut, Faizal menyampaikan terima kasih atas kehadiran Erick yang meresmikan Pos Bloc tahap II seluas 7.000 meter persegi. Faizal mengatakan Pos Bloc sebagai creative hub memberikan ruang besar bagi para UMKM tanpa adanya biaya sewa.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

"Kalau UMKM baru tumbuh suruh bayar sewa ya nggak kuat. Skema kami revenue sharing," ujar Faizal.

Faizal menuturkan bahwa Pos Indonesia juga akan terus mengembangkan Pos Bloc di sejumlah daerah, seperti Medan, Bandung, Surabaya, Makassar yang akan diresmikan secara bertahap mulai Desember hingga tahun depan.

 "Mudah-mudahan dengan Pos Bloc creative hub, Pos Indonesia kembali dikenal masyarakat terutama anak-anak muda. Kehadiran Bapak Menteri bagian dari doa agar Pos Indonesia yang sudah bertahan 276 tahun akan bertahan 276 tahun lagi ke depan," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU