Ormas M1R Gelar Aksi Damai Depan KPU Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Feb 2024 19:52 WIB

Ormas M1R Gelar Aksi Damai Depan KPU Jatim

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ormas M1R (Maluku 1 Rasa) Jawa Timur menggelar aksi damai depan KPU Jatim, Sabtu (24/2/2024) siang. Sebagai bentuk dukungan terhadap KPU, perwakilan berorasi agar para politisi tidak memecah belah masyarakat dengan isu fitnah kecurangan Pemilu 2024.

Aksi ini sempat menjadi perhatian warga karena massa membagikan bunga kepada sejumlah pengendara yang lewat.

Baca Juga: Krisdayanti Gagal Ikuti Arzeti, Ahmad Dhani dan Crazy Rich Surabaya Lolos

Ketua M1R Jawa Timur, Baharuddin Umasugi, mengatakan aksi ini demi masyarakat tidak terpecah dengan isu kecurangan Pemilu 2024 yang dikeluarkan sekelompok politisi dengan kepentingan tertentu. Pihaknya juga meminta narasi fitnah dan hoax kecurangan Pemilu segera dihentikan demi keutuhan bangsa.

“Yang kalah tapi tidak bisa menerima kekalahan, mungkin membuat hoax dan fitnah bahwa KPU curang. Kalaupun ada kecurangan silahkan tunggu sampai hasil akhir di bulan Maret. Jangan pecah belah masyarakat seperti sekarang ini,” tegas Baharuddin Umasugi di depan wartawan.

Baca Juga: Angka Golput di Jatim Turun Dibandingkan dari Pemilu Sebelumnya

Menurutnya, narasi kecurangan Pemilu 2024 menyakiti keluarga para petugas demokrasi yang bekerja hingga sakit bahkan meninggal. Para politisi yang menyebarkan narasi itu dianggap tidak memiliki empati. Hingga saat ini, 24 Februari 2024, sedikitnya ada 90 petugas Pemilu 2024 meninggal dunia.

“Stop perdebatan tentang perhitungan cepat dan kecurangan-kecurangan. Daripada membuat narasi Pemilu 2024 curang, lebih baik kumpulkan bukti dan berproses di Mahkamah Konstitusi,” imbuh Baharuddin.

Baca Juga: Seleksi Ketat Awali Pendaftaran Calon Anggota KPU 36 Kab/Kota se-Jatim

Bahruddin berpesan agar para politisi yang punya kepentingan untuk tidak mengadu domba rakyat dengan narasi hoax dan menghentikan saling curiga kepada sesama anak bangsa.

“Kami datang ke kantor KPU Jatim ini sebagai bentuk dukungan dan kecintaan masyarakat Maluku yang ada di Surabaya terhadap petugas dan pahlawan demokrasi yang bekerja sangat keras demi suksesnya Pemilu 2024,” pungkas Baharuddin. 

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU