1.070 Nelayan di Kota Pasuruan Akan Dilindungi dengan Asuransi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Jun 2024 16:01 WIB

1.070 Nelayan di Kota Pasuruan Akan Dilindungi dengan Asuransi

i

Nelayan Pasuruan saat mencari ikan. Mereka diusulkan untuk dilindungi asuransi. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Pekerjaan di atas laut berisiko tinggi. Mereka sangat rentan mengalami kecelakaan kerja. Karena itu, Pemkot Pasuruan berencana mengcover nelayan dengan asuransi.

Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Muallif Arif mengungkapkan, kehidupan nelayan penuh risiko. Mereka bisa saja mengalami kecelakaan kerja, saat sedang melaut mencari ikan.

Baca Juga: Disnak Pasuruan Pastikan Hewan Kurban Aman

Perlindungan penuh sudah selayaknya diberikan. Yakni dengan memberikan asuransi jiwa melalui program BPJS Ketenagakerjaan. “Total ada 1.070 orang yang menjadi nelayan di Kota Pasuruan. Kami mengusulkan agar mereka bisa tercover asuransi,” kata Ayik-sapaannya, Kamis (06/06/2024).

Ayik menyebut, Pemkot akan membayar premi asuransinya, setiap bulan. Besarnya, senilai Rp 16 ribu. Mereka bisa tercover dalam dua program. Yakni, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Baca Juga: Maling Motor di Pasuruan Babak Belur Dimassa

Saat ini, pengajuan sudah masuk ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Sebab, usulan asuransi tersebut, harus dikoordinir dalam satu bidang ketenagakerjaan. Agar lebih maksimal saat pendataan dan pengajuannya.

Sehingga jika dihitung, Pemkot harus mengalokasikan Rp 17.120.000 per bulan. Atau sebesar Rp 205.440.000 dalam setahun. Jumlah itu, dinilainya tidak terlalu besar, jika dibandingkan keselamatan jiwa nelayan.

Baca Juga: Hebat, Pelajar MAN 1 Pasuruan Juara Turnamen Robotik Indonesia

“Insya Allah dalam Perubahan APBD (P-APBD) ini, bisa diusulkan untuk anggarannya. Kalau tidak bisa, ya akan diusulkan mulai berlaku tahun depan,” tutur Ayik. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU