Pemkot Surabaya Kaji 2 Penambahan SMP Negeri Baru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Jul 2024 19:19 WIB

Pemkot Surabaya Kaji 2 Penambahan SMP Negeri Baru

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. SP/SURA

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan kajian untuk menambah SMP negeri baru pada 2025.

Hal tersebut dilakukan, demi memastikan seluruh wilayah mendapatkan akses pendidikan negeri.

Baca Juga: Harkopnas ke-77, Pemkot Surabaya Luncurkan Aplikasi Awasi Boyo

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, ada dua hal yang menjadi evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ini. Di antaranya, jalur zonasi yang memberikan keadilan untuk masing-masing kelurahan. Serta, perhitungan jumlah siswa dengan daya tampung sekolah.

"Kami minta MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) untuk menghitung jumlah murid," kata Wali Kota Cak Eri di Surabaya, Kamis (4/7).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terima Bantuan Dermaga Perahu dari PLBI

Menurutnya, apabila berdasarkan jumlah anak memang membutuhkan tambahan sekolah, maka pembangunan bisa dilakukan di 2025.

"Insya Allah, tahun depan kami akan melihat apakah perlu menambah sekolah atau tidak," ujar mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Diminta Tegas Tindak Parkir Liar

Menurut Cak Eri, ada beberapa sekolah di beberapa kawasan yang memiliki jumlah siswa cukup besar, karena terbatasnya jumlah sekolah. Di antaranya, di kawasan Surabaya Utara.

"Di sana (SMP) negeri/swasta sebenarnya ada. Namun, jumlah (lulusan SD) banyak. Sehingga nggak cukup. Makanya, kami akan diskusikan apakah akan menambah kelas atau sekolah baru," lanjut Cak Eri.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU