30.000 Siswa SD Gelar Ujian Sekolah Tatap Muka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Apr 2021 18:46 WIB

30.000 Siswa SD Gelar Ujian Sekolah Tatap Muka

i

Ujian sekolah tatap muka di salah satu SD di Jember

 

SURABAYAPAGI.COM, Jember - 1.028 lembaga SD negeri/swasta di Jember melaksanakan ujian sekolah secara tatap muka bagi siswa kelas 6 yang digelar selama sepekan.

Baca Juga: Surabaya PTM 100 Persen, Pemkot Diminta Evaluasi Harian

Pelaksanaan ujian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di masing-masing sekolah. Total siswa yang mengikuti ujian sebanyak 29.482 siswa.

"Alhamdulillah hari ini pelaksanaan perdana ujian sekolah SD negeri/swasta secara tatap muka berjalan lancar," kata Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Jember Endang Sulistyowati usai melakukan pemantauan di sejumlah SDN di Jember.

Baca Juga: Surabaya Optimis PTM 100 Persen

Menurutnya, ujian sekolah secara tatap muka memberikan kesan psikologis bagi siswa yang akan meninggalkan bangku sekolah dasar dan melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

"Ujian sekolah tatap muka ini juga menjadi evaluasi bagi Dinas Pendidikan Jember yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka bagi siswa SD kelas 1-5 pada tahun ajaran baru nanti," katanya.

Sementara itu, Kepala SDN Kepatihan 2 Jember Sudarti mengatakan pihaknya membagi dua gelombang untuk 46 peserta yang mengikuti ujian sekolah guna mencegah terjadinya kerumunan saat masuk ujian.

"Ada 20 siswa yang masuk pada shif pertama pukul 08.00-10.00 WIB, kemudian ada 26 siswa yang masuk pada shif kedua pukul 09.00-11.00 WIB dengan menggunakan lima ruang kelas dengan masing-masing kelas maksimal berisi 10 siswa," katanya.

Salah satu siswa SDN Kepatihan 2 Jember Dafa Febriansyah mengaku senang bisa mengerjakan ujian sekolah secara tatap muka dan tidak ada kendala dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

"Alhamdulillah saya bisa mengerjakan, meskipun sedikit grogi dan takut salah karena selama setahun melakukan pembelajaran secara daring," katanya.

Baca Juga: Hari Ini Surabaya Kembali Lakukan PTM 100 Persen

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU