Dinsos Kabupaten Kediri Bersama Kantor Pos Lounching Penyaluran BST

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 16 Mei 2020 20:47 WIB

Dinsos Kabupaten Kediri Bersama Kantor Pos Lounching Penyaluran BST

Baca Juga: Galakkan 15 Program Prioritas, Dinsos Entaskan Kemiskinan Jatim Hingga 383 Ribu

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial dan Kantor Pos Kediri mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial di wilayah Kecamatan Banyakan, Grogol, Semen dan Tarokan.
 
Dalam penyaluran kali ini, masing masing keluarga penerima manfaat mendapatkan Rp 600 ribu perbulan, selama tiga bulan. Sementara untuk penerimanya berdasar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun non DTKS yang sudah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kementerian Sosial.
 
Dari empat wilayah kecamatan ini, ada sebanyak 3.383 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran perdana ini diawali dengan penyerahan secara simbolis dari Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno yang diwakili oleh Pelaksanakan Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Suharsono, kepada salah satu KPM dari Desa Banyakan.
 
“Penyaluran BST ini akan dibagikan untuk 334 desa dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri, mulai 16 Mei 2020 hingga tanggal 22 mei 2020 mendatang. Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19,” kata Suharsono, Sabtu (16/5/2020).
 
Masih kata Suharsono, untuk tahap satu ini penyaluran diperuntukkan bagi 26.074 KPM. Sementara hingga tahap tiga nanti, dinas sosial mencatat 45.750 KPM yang akan mendapatkan BST. Dalam penyaluran ini, ditargetkan sebelum hari raya telah terdistribusi kepada KPM.
 
Terpisah, Herman Hoedoyo, Pimpinan Cabang Kantor Pos Kediri menegaskan, saat ini KPM yang telah tervalidasi terdapat 26.074 KPM. Ditargetkan 22 Mei mendatang BST telah tersalurkan semua.
 
Guna menjalankan protokol kesehatan Covid-19, Kantor Pos melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi desa – desa KPM. Sehingga tidak terjadi kerumunan masyarakat, selain itu juga diberlakukan  pembagian jam sesuai dengan asal desa, sehingga sangat membantu warga untuk tertib dan tidak menumpuk.
 
Sementara itu, Suminatun, salah satu penerima manfaat mengaku senang dengan adanya BST ini. Rencananya uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan sehari – hari.
 
Dengan penyaluran BST dari Kementerian Sosial ini, diharapkan, dapat digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari hari serta dapat meringankan beban masyarakat akibat pandemi covid-19 yang terjadi saat ini. Adv/kominfo

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU