Eksibisi Esports Dipertandingkan dalam PON XX Papua 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Agu 2021 12:21 WIB

Eksibisi Esports Dipertandingkan dalam PON XX Papua 2021

i

Pertandingan esports. SP/ PP

SURABAYAPAGI.com, Papua - Gelaran PON XX Papua 2021 dipastikan berbeda dari yang sebelumnya. Pasalnya, di PON Papua ini, untuk pertama kalinya esports dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi.

Sekretariat Jenderal (Sekjen) PBESI, Frengky Ong menjelaskan mengenai eksibisi esports yang akan digelar di pesta olahraga terbesar se-Indonesia tersebut.

Baca Juga: Warga Distrik Serambakon Papua Kembali ke Kampungnya Pasca Gangguan KKB

“Esports menjadi salah satu cabang olahraga dari 10 cabang yang akan mengikuti eksibisi PON XX di Papua. Pada eksibisi tersebut akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre gim battle royal, moba, dan sepak bola,” ucap Frengky, Kamis (19/8/2021).

“Nomor pertandingan battle royal dan moba akan dilakakukan dengan beregu atau tim pada platform moba. Sementara untuk sepak bola dilakukan secara perorangan maupun ganda pada platform konsol,” lanjutnya.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa PBESI terlah memilki platform komunitas esports resmi sebagai sarana pendataan pemain,atlet, klub, akademi, hingga kompetisi. Platform tersebut dapat diakses pada laman Garudaku.com,” sambugnya.

Baca Juga: Dicurigai Agen Intelijen, Aktivis Perempuan di Papua dibunuh TPNPB-OPM

Di sisi lain, Gloria Famiela selaku ketua pelaksana eksibisi PON XX Papua 2021, menjelaskan bahwa ada empat gim yang akan dipertandingkan. Yaitu Free Fire, Mobile Legends, E-football PES, dan Lokapala. Gloria juga menambahkan mengenai sistem yang akan digunakan.

“Hari ini sudah dibuka pendaftaran untuk tiga gim yakni, Free Fire, E- football PES dan mobile legends. Sedangkan untuk Lokapala mash dalam pembahasan teknis dari pihak developer. Untuk eksibisi esport PON XX di Papua, akan ada tiga fase. Yang pertama adalah babak kualifikasi, kualifikasi ini bersifat terbuka mencakup 34 provinsi, 514 kota,” ujar Gloria.

Baca Juga: Siapkan Porprov Jatim 2023, E-Sport Kabupaten Pasuruan Ikuti 10 Kejuaraan

“Babak kualifikasi akan digelar pada tanggal 26 Agustus sampai 5 September 2021. Para atlet dai 33 provinsi dilakukan juga secara online untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik dari gim Free Fire, lima provinsi terbaik dari gim Mobile Legends, dan lima porvinsi untuk gim E-football PES,” sambungnya.

Perlu diketahui, PON XX Papua dijadwalkan pada 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021. Dalam ajang olahraga tersebut sekaligus memberikan sejrah baru bagi dunia olahraga Indonesia. Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, esports masuk kedalam cabang olahraga di Indonesia. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU