Harga Telur Ayam di Jember Naik Jelang Idul Adha

Petugas melakukan survei harga telur di Pasar Tanjung Jember, Kamis (15/7/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan. Salah satunya telur. Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur perlahan-lahan naik berkisar  Rp1.000 hingga Rp2.500 per kilogram.

"Harga telur ayam ras terus mengalami kenaikan, namun untuk telur ayam kampung masih stabil di pasaran," kata Samik, salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Tanjung Jember, Kamis (15/7).

Sementara Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Eko Wahyu Septantono membenarkan terjadinya kenaikan harga telur ayam ras karena permintaan yang cukup tinggi.

"Konsumsi telur meningkat karena permintaan yang tinggi terkait momentum Idul Adha, banyaknya warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah dan bantuan sosial yang diberikan kepada penerima manfaat berupa telur," tuturnya.

Menurutnya kenaikan harga telur di pasar tradisional masih dalam batas kewajaran karena rata-rata kenaikannya sekitar Rp1.000 hingga Rp2.500 per kilogram, sehingga petugas akan terus melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok jelang Idul Adha.

Eko menjelaskan secara keseluruhan harga bahan pokok di Jember masih relatif stabil menjelang momentum Idul Adha seperti beras, minyak goreng, gula pasir, daging ayam ras, dan daging sapi.