Kasus Positif Tambah 115, Jatim Masuk Zona Merah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Mei 2020 01:03 WIB

Kasus Positif Tambah 115, Jatim Masuk Zona Merah

i

Gubernur Khofifah.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya-Seluruh Wilayah Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Timur per hari ini (12/5/2020) masuk dalam Zona Merah di Peta Persebaran Pasien Covid-19. Itu artinya sudah terdapat pasien positif Covid-19 di seluruh Kabupaten / Kota di Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Emil Elistianto Dardak dalam konferensi pers di Gedung Grahadi pada Selasa (12/5/2020), menjelaskan bahwa ada penambahan pasien positif sebanyak 115.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

"Dengan penambahan sebanyak 115 ini, maka jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Jawa Timur menjadi 1.649. Sementara yang masih belum terkonversi negatif atau belum dinyatakan sembuh ada 1.213," ujar Emil.

Emil juga menyebutkan bahwa penambahan 115 ini berasal dari berbagai wilayah. Tiga wilayah Surabaya Raya yang sedang melakukan PSBB menjadi sorotan, karena Surabaya menjadi penyumbang pasien terbanyak yaitu sebesar 57, disusul dengan Sidoarjo 18 dan Gresik 4. Selain itu penambahan berasal dari masing-masing 1 Kota Batu, Kota Madiun, Sampang, Lamongan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Madiun. Lalu 2 dari Kabupaten Kediri, 3 dari Jombang, masing-masing 4 dari Lumajang dan Gresik, kemudian masing-masing 5 dari Kota Pasuruan dan Nganjuk, 11 dari Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Pemprov Jatim Buka Rekrutmen CASN, 5.200 Formasi

Wakil Gubernur Jatim tersebut juga berharap Sampang yang menjadi wilayah terakhir yang memasuki Zona Merah di Jawa Timur untuk lebih berhati-hati agar penyebarannya tidak meluas.

"Hari ini ada penambahan satu pasien positif di Sampang. Kami berharap tetap upaya maksimal diberikan dari Kabupaten Sampang untuk tetap menjaga agar penyebaran ini bisa diminimalisir," tambahnya.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Emil juga menjelaskan pasien yang terkonfirmasi negatif atau sembuh di Jatim per hari ini ada 17 orang yang masing-masing 1 dari Tulungagung, Kabupaten Kediri, Pamekasan, Sidoarjo, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Blitar, sedangkan masing-masing 2 dari Lumajang, Nganjuk dan Jember, lalu 5 dari Kota Surabaya. Sehingga secara kumulatif pasien sembuh di Jatim ada 274 orang atau setara 16,62 persen.

"Kami juga turun berduka cita untuk pasien meninggal di Jatim per hari ini ada 7 orang yang masing-masing 1 dari Lamongan dan Sidoarjo serta 5 dari Kota Surabaya. Total meninggal di Jatim ada 162 orang atau setara 9,82 persen. Semoga keluarga diberi ketabahan dan amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT," kata Emil Lalu Emil mengkonfirmasi hingga saat ini ada 4.280 PDP, 1.919 pasien diantaranya masih dalam pengawasan. Sedangkan untuk ODP, hingga saat ini ada 21.567 ODP. 4.298 orang diantaranya masih dalam pemantauan. (Adit)

Editor : Aril Darullah

BERITA TERBARU