Kenali Gejala Awal Covid-19 yang Sering Muncul

Penggunaan masker sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Virus Covid-19 semakin lama semakin menyebar dengan cepat. Oleh karenanya mengenal gejala awal Covid-19 menjadi hal yang sangat penting jika terinfeksi. Gejala awal Covid-19 muncul dalam waktu 2 hingga 14 hari pasca terinfeksi. Namun, sebagian pasien yang terpapar virus bisa juga tidak mengalami gejala sama sekali atau asimtomatik.

Gejala awal Covid-19 yang muncul sangat beragam, mulai dari gejala ringan hingga berat. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), gejala Corona yang muncul biasanya diawali dengan demam, batuk kering, hingga sesak napas.

Beberapa gejala awal Covid-19 yang sering muncul pada pasien Covid-19, yaitu, demam, anas dingin, gemetar, kedinginan, nyeri Otot, sakit kepala, sakit tenggorokan dan kehilangan kemampuan indra perasa dan penciuman (anosmia).

Selain gejala awal Covid-19 di atas, ada beberapa gejala lain yang terjadi pada sistem pencernaan dan kulit. Misalnya seperti mual, muntah, diare, dan ruam kemerahan pada kulit.

Jika mengalami gejala awal Covid-19 seperti demam, bisa diatasi dengan mengkonsumsi paracetamol, ibuprofen, minum air putih yang banyak, dan juga istirahat. Sementara itu, jika gejala batuk muncul coba mengatasinya dengan mengkonsumsi sesendok madu setiap hari.

Tetapi, jika gejala sesak napas mulai terjadi usahakan agar kamar tempat isolasi tidak pengap. Untuk mengatasi gejala awal Covid-19 ini, bisa dengan membuka jendela dan menghindari penggunaan kipas angin untuk mencegah penyebaran virus.

Apabila mulai merasa tidak sehat atau muncul gejala awal Covid-19, bisa lakukan beberapa hal yaitu:, diantaranya, mengisolasi diri di rumah, banyak beristirahat, tetap terhidrasi, pantau gejala secara berkala, selalu pakai masker jika bertemu orang lain, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer dan hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor

Jika gejala awal Covid-19 ini semakin memburuk, misalnya seperti kesulitan bernapas, rasa sakit atau tekanan terus menerus di dada, bibir atau wajah memucat dan kebiruan, serta merasa kebingungan tiba-tiba, segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dsy15