Kondisi Hujan Lebat, Bupati Gresik Tinjau Lokasi Tanggul Jebol

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Feb 2023 09:16 WIB

Kondisi Hujan Lebat, Bupati Gresik Tinjau Lokasi Tanggul Jebol

i

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Kabag Prokopim Setkab Imam Basuki saat meninjau penanggulangan tanggul anak Kali Lamong yang jebol.

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Meskipun dalam kondisi hujan deras, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meninjau lokasi jebolnya tanggul anak Kali Lamong di Desa Beton, Kecamatan Menganti, Gresik. Tingginya curah hujan dan meningkatnya volume debit air disinyalir menjadi penyebab jebolnya tanggul.

Saat melakukan peninjauan, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik itu didampingi Kepala Dinas PUTR Dhiannita Tri Astuti, Kepala Pelaksana BPBD Darmawan, Camat Kedamean Sukardi, Camat Menganti Gunawan dan Kabag Prokopim Setkab Imam Basuki. Saat itu, sedang berlangsung proses menutup jebolnya tanggul dengan sand bag atau karung pasir.

Baca Juga: Dishub Jatim akan Luncurkan Bus Trans Jatim Luxuryi di Koridor Gresik - Sidoarjo

"Kami ingin memastikan penanggulangan jebolnya tanggul ini sudah dilakulan apa belum. Ternyata alhamdulillah sudah dapat teratasi," ujar Gus Yani, Senin (20/2/2023).

Di lokasi tampak ada dua alat berat yang dikerahkan dalam penambalan tersebut. Selain itu juga dilakukan upaya penebalan terhadap dinding tanggul.

Baca Juga: Pemkab Gresik Salurkan Bansos Kepada Warga

"Dua ekskavator juga akan mempertebal dinding tanggul sebagai antisipasi agar tidak jebol lagi," ucap Bupati.

Gus Yani melanjutkan, Pemkab Gresik juga akan membangun kolam retensi pada 2024 mendatang. Kolam tersebut akan berfungsi untuk penampungan air hujan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: JIIPE Peduli Salurkan 2000 Paket Sembako bagi Anak Yatim dan Dhuafa

"Nanti kolam itu bisa menjadi penampungan sementara ketika volume air Anak Kali Lamong meningkat," tandasnya. grs

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU