KPU Sidoarjo Buka Pendaftaran PPS Pemilu Serentak 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Des 2022 13:00 WIB

KPU Sidoarjo Buka Pendaftaran PPS Pemilu Serentak 2024

i

Ketua KPU Sidoarjo M Iskak.

Baca Juga: Bupati dan Wabup Sidoarjo Hantarkan 50 Bacaleg ke KPUD Sidoarjo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Memenuhi tahapan Pemilu serentak 2024, KPU Sidoarjo mulai membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang disebar ke seluruh desa.
 
"Yang jelas kami membutuhkan 1.047 personel PPS, atau masing-masing 3 orang di setiap desa dan kelurahan. Karena itu setidaknya jumlah pendaftarnya ditargetkan minimal dua kali lipat dari jumlah tersebut,” ujar Ketua KPU Sidoarjo M Iskak, Senin (19/12/2022).
 
Adapun masa pendaftaran bagi calon anggota PPS ini sudah dibuka sejak Minggu (18/12/2022) hingga Selasa (27/12/2022) mendatang.
 
“Pengumuman terkait syarat dan berkas-berkas yang harus disiapkan sudah kami sampaikan melalui berbagai media massa,” jelas Iskak.
 
Berkas pendaftaran bisa disampaikan melalui website siakba.kpu.go.id. Namun pendaftar harus menyerahkan dokumen fisik ke Kantor KPU Sidoarjo, Jl. Cemengkalang No. 1 Sidoarjo paling lambat satu hari sebelum masa Penelitian Administrasi berakhir. 
 
Di samping itu, warga yang berminat juga bisa mendaftar dan menyerahkan berkas-berkasnya secara langsung pada petugas di kantor KPU Sidoarjo di rentang waktu itu selama jam kerja, mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
 
Para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administratif akan dipanggil untuk mengikuti tes tulis yang berlangsung mulai tanggal 2 hingga 4 Januari 2023.
 
“Nanti ujiannya akan dilakukan di  kantor kecamatan setempat,” papar M Iskak.
 
Jika lolos di tahapan itu, mereka akan menjalani tes wawancara yang dilangsungkan pada 8-10 Januari 2023. Pendaftar yang terpilih akan diumumkan dan ditetapkan pada 13 Januari yang selanjutnya akan dilantik pada 17 Januari 2023.
 
Khusus untuk kualifikasi PPS harus menguasai IT. Sedikitnya satu diantara tiga orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan yang bertugas dalam Pemilu 2024 mendatang menguasai Information Technology (IT).
 
“Nantinya, seluruh laporan mulai dari proses hingga hasil Pemilu harus diolah, disimpan dan dikirimkan dengan menggunakan teknologi informasi digital. Kemampuan itulah yang harus dimiliki oleh PPS,” tutur M Iskak.
 
Untuk itu, pihaknya berusaha memenuhi kebutuhan personel yang paham dengan dunia IT tersebut dalam proses penjaringan calon anggota PPS di wilayah Kabupaten Sidoarjo dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung di tahun 2024 tersebut.
 
"Faktor pengalaman dalam penanganan Pemilu sebelumnya juga menjadi unsur prioritas lainnya yang menjadi pertimbangan khusus bagi panitia seleksi untuk memilih calon komisioner PPS tersebut. Tugas para anggota PPS tersebut akan terus berlanjut hingga pelaksanaan Pilkada (Pilbup dan Pilgub) yang diagendakan berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada bulan November 2024," tambahnya. Sg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU