Kunyit, Ramuan Herbal Tingkatkan Imun Selama Pandemi

Kunyit, salah satu rempah ramuan herbal. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Berdasarkan hasil penelitian ada 1990, ditemukan bahwa tanaman herbal yang bisa dipakai untuk pasien radang amandel, kunyit, memiliki zat aktif curcumin yang memiliki tugas sebagai antivirus, antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan.

"Kalau virus masuk ke tubuh kita menyebabkan terjadinya peradangan berlebihan atau badai sitokin, nah, ini dapat dihambat dengan antiradang yang ada di kunyit," kata Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof DR Nurfina Aznam SU Apt, Kamis (26/8/2021).

Selanjutnya untuk antioksidan, tubuh membutuhkannya sebagai penangkal radikal bebas. "Kita sering dengar supaya awet muda minum antioksidan, karena dia menangkap radikal bebas. Kunyit mengandung curcumin yang dapat menangkap radikal bebas agar tidak terjadi oksidasi yg berlebihan," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kunyit juga bagus untuk liver, sehingga bisa melindungi fungsi hati. Kunyit juga bersifat antibiotika alami yang dpt menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Bagi pasien Covid-19 yang harus isolasi mandiri di rumah, disarankan untuk menambahkan ramuan tanaman herbal di samping pengobatan dokter. Nurfina menganjurkan mengonsumsi kunyit, jahe dan secang.

"Kunyit mengandung curcumin yang bersifat antivirus, yang dapat menghambat badai sitokin. Jahe di samping antioksidan, dapat mengencerkan darah. Pasien Covid-19 seringkali diberi obat pengencer darah. Jahe dapat digunakan sebagai pengencer darah. Secang ini bagus juga untuk meningkatkan stamina, anti-influenza dan juga antiradang," ujarnya.

Cara mengolahnya pun tidak sulit. Kunyit tersebut dapat diparut dua ruas dan diperes ambil airnya lalu minum. Agar rasanya terasa enak bisa ditambahkan madu. Selain itu juga dapat diolah dengan cara diblender atau dirajang lalu direbus, dirajang lalu dijemur asal jangan berjamur. Sehingga bisa langsung di seduh.

Koordinator Bidang Pemulihan Kesehatan Forum Solidaritas Kemanusiaan FSK, Efmansyah Iken Lubis, menambahkan, meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu hal terpenting, yang harus dilakukan setiap orang sekarang ini. Baik bagi mereka yang masih sehat apalagi mereka yang sedang terkena Covid-19.

"Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di antaranya dengan mengonsumsi obat, vitamin, suplemen atau herbal, baik yang tergolong jamu, Obat Herbal Terstandar (OHT) maupun Fitofarmaka," katanya.

Mengingat aksesibilitas yang mudah dan harga yang relatif terjangkau, obat herbal dapat menjadi solusi upaya peningkatan imunitas tubuh. Termasuk bagi anggota masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dsy10