Masa Tenang Kampanye, Eri Cahyadi Sempatkan Ziarah ke Makam Pendiri NU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 06 Des 2020 21:24 WIB

Masa Tenang Kampanye, Eri Cahyadi Sempatkan Ziarah ke Makam Pendiri NU

i

Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan istri melakukan ziarah dan tabur bunga ke pendiri NU di Kabupaten Jombang. SP/BYTA INDRAWATI.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Memasuki masa tenang setelah tiga bulan kampanye, Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, melakukan ziarah dan tabur bunga ke pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Jombang.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini sampai ke makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng dan langsung disambut Pengasuh Ponpes Putri Tebu Ireng, KH Fahmi Amrullah Hadzik (Gus Fahmi).

Baca Juga: Pantang Menyerah Jika Kalah Nyaleg, Vicky Prasetyo: Kan masih ada Pilkada, Kita Lihat Nanti

Setelah bercengkrama sebentar, Eri dan Gus Fahmi lantas menuju makam KH Hasyim Asyari.

Eri terlihat khusuk membaca kalimat tahlil dan tayyibah di pusara pendiri NU tersebut. Usai berdoa di makam KH Hasyim Asy'ari, Eri dan istri juga mendoakan KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid, dan KH Salahuddin Wahid yang juga berada dalam satu kompleks.

Dari Tebu Ireng, Eri bergeser ke makam KH Abdul Wahab Hasbullah di Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang. KH Wahab Hasbullah juga termasuk pendiri NU. Di makam Pahlawan Nasional ini, selain berdoa, Eri juga melakukan tabur bunga.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Unggul di TPS Eri Cahyadi Mencoblos

Setelah ziarah di makam KH Wahab Hasbullah, Eri lantas menyempatkan diri ke ziarah ke makam KH M As'ad Umar, pendiri dan pengasuh Ponpes Darul Ulum, Peterongan Jombang. Eri juga berdoa di makam istri KH M As'ad Umar, Nyai Hj Azzah As'ad Umar yang belum lama ini meninggal dunia. KH M As'ad Umar dan Nyai Hj Azzah As'ad Umar adalah orang tua dari KH Zahrul Azhar Asumta As'ad atau yang lebih akrab disapa Gus Hans.

"Saya memang sering melakukan ziarah ke makam para alim ulama. Sejak dulu, saya sering melakukan doa ke makam-makam para alim ulama," ujar Eri, usai melakukan ziarah.

Baca Juga: Wali Kota Eri Cahyadi Sampaikan Pesan Jurdil untuk Warga Surabaya

Menurut dia, banyak teladan yang bisa diambil hikmahnya dari para tokoh pendiri NU ini. Contohnya adalah saat KH Hasyim Asy'ari mengeluarkan fatwa resolusi jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Dengan ilmu agamanya, dengan jiwa kepemimpinannya, Mbah Hasyim Asy'ari bisa menggerakkan semangat warga Surabaya semangat berjuang saat pertempuran 10 November 1945. Teladan semangat menjaga NRKI ini harus kita gelorakan. Pertempuran 10 November adalah bukti Surabaya tidak bisa lepas dari peran kiai dan santri," tandasnya. (byt)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU