Mayoritas Penumpang Tak Tahu Adanya GeNose di Pelabuhan Tanjung Perak

Bilik tes GeNose C19 di terminal Penumpang GSN yang sepi. SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sejak dilaunching alat tes GeNose C19 oleh Kementrian Perhubungan pada Sabtu (17/04/2021) lalu di Pelabuhan Tanjung Perak, hingga kini tidak begitu banyak masyarakat yang tahu adanya alat deteksi covid-19 berbasis hembusan di pelabuhan. 

Dari pantau Surabaya Pagi di lapangan, sejak pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB tak ada satupun penumpang kapal yang mengakses layanan tes GeNose yang tersedia di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Empat bilik tes GeNose nampak kosong. Begitu pula meja petugas  tempat penumpang mengambil hasil tes covid berbasis hembusan nafas, nampak lengang tak ada petugas yang menjaga.

Salah satu penumpang kapal Kirana III tujuan Kumai, Safrudin mengaku, dirinya baru mengetahui adanya alat deteksi GeNose di pelabuhan Tanjung Perak.

"Tadi baru diberitahu juga, saya kaget. Ternyata harganya lebih murah. Hanya Rp 30 ribu saja. Jadi menyesal lakukan swab," kata Safrudin kepada Surabaya Pagi, Senin (19/04/2021).

Beberapa penumpang tujuan Banjarmasin pun mengaku hal serupa. Banyak dari mereka telah melakukan rapid tes antigen terlebih dahulu di rumah sakit dan puskesmas, sebelum akhirnya datang ke Pelabuhan Tanjung Perak.

"Jadi kita tadi tes di luar, Rp 150 ribu harganya. Kita ada 4 orang jadiRp 600 ribu. Kalau tahu di sini sudah bisa GeNose, kita tes di sini saja," kata Agung 

Perlu diketahui, harga tes GeNose di pelabuhan Tanjung Perak dibandrol dengan harga Rp30 ribu per orang. Penumpang kapal yang ingin mendapatkan layanan tersebut, cukup menunjukan tiket dan KTP kepada petugas. Oleh petugas kemudian akan diberikan form pengisian tes GeNose C19. 

Penumpang yang telah mendapatkan form, selanjutnya mengisi form tersebut secara valid. Setelah form terisi, penumpang kemudian melakukan pembayaran ke petugas sekaligus mengambil kantong nafas.

Sebelum memasukan hembusan nafas ke dalam kantong nafas, penumpang diharapkan menarik nafas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Pada saat penarikan nafas yang ke-3, langsung dihembuskan ke dalam kantong hingga penuh.

Bagi calon penumpang kapal yang ingin mendapatkan layanan tes GeNose di Pelabuhan Tanjung Perak, layanan tersebut dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. sem