Pemkab Ponorogo Bakal Hidupkan Lagi Tempat Isolasi Desa

Pemkab Ponorogo akan melaksanakan penyekatan di perbatasan kabupaten dan bakal menghidupkan kembali ruang  isolasi di balai desa. SP/PEMKAB PONOROGO

SURABAYAPAGI, Ponorogo - Mengantisipasi adanya masyarakat yang nekat mudik Lebaran 2021 di Ponorogo. Pemkab Ponorogo akan melaksanakan penyekatan di perbatasan kabupaten dan bakal menghidupkan kembali isolasi di balai desa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ponorogo, Agus Pramono telah mengikuti rapat secara virtual yang dipimpin oleh Panglima TNI serta kapolri terkait penyekatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Melalui rapat yang dipimpin oleh Panglima TNI dan Mabes Polri, disampaikan ke jajaran paling bawah yang kesimpulannya adalah dilarang mudik," kata Agus, kemarin.

Langkah ini dilakukan untuk menekan penularan Covid-19 (virus Corona) yang ditakutkan meningkat seiring tingginya mobilitas masyarakat.

"Kita akan melakukan pembatasan itu, nanti teknisnya di TNI dan Polri," lanjutnya.

Menurut Agus, hampir semua moda transportasi akan dibatasi, kecuali pengiriman bahan makanan, sembako, dan kepentingan medis.

Satgas penanganan Covid-19 Ponorogo sendiri juga berencana menghidupkan kembali ruang isolasi di desa-desa.

"Nanti andaikan ada yang mudik lalu dilakukan skrining ada yang positif Covid-19, tetap akan dilakukan isolasi di balai desa," terang Agus.

Atau jika pasien tersebut bergejala berat, maka akan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. na