Prodi S2 Teknologi Pendidikan Unesa Berikan Pelatihan di KKG MI Mojoanyar Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mei 2023 18:50 WIB

Prodi S2 Teknologi Pendidikan Unesa Berikan Pelatihan di KKG MI Mojoanyar Mojokerto

i

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Educandy sebagai Integrasi Technology Based Learning Strategies.

SURABAYAPAGI, Mojokerto - Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa) angkatan 2022 menyelenggarakan pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Educandy sebagai Integrasi Technology Based Learning Strategies. Pelatihan tersebut diadakan secara luring bertempat di MI Miftahul Ulum Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Rabu, (22/05/2023).

Pelatihan ini dihadiri oleh 36 peserta yang merupakan Kelompok Kerja Guru (KKG) MI se-Kecamatan Mojoanyar yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pemanfaatan Teknologi aplikasi pembelajaran.

Baca Juga: Kembali Produktif Setelah Libur Panjang dengan Galaxy A55 5G

Kegiatan ini diikuti oleh guru dari 6 MI di sekitar Mojoanyar, yaitu Mi Miftahul Ulum, MI Riyadlotul Uqul, MI Sunan Ampel, MI Miftahus Salam, MI Roudlotul Hikmah Ngrajo, dan MI Darul Huda Gayaman. Peserta pelatihan ini diikuti oleh Guru dan Kepalaa Sekolah. Dengan tema "Pemanfaatan Aplikasi Educandy Sebagai Integrasi Technology Based Learning Strategies".

Dalam sambutannya, Koordinator Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FIP UNESA, Dr. H. Andi Mariono menyatakan "Acara ini merupakan salah satu bentuk dari tugas mata kuliah sebagai ajang belajar mahasiswa tentang bagaimana cara belajar dan mengajar pembelajaran secara langsung. Pelatihan ini mengajarkan bahwa pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas melainkan bisa dilakukan secara online, salah satunya menggunakan aplikasi Educandy karena dimasa sekarang ini guru tidak boleh gagap teknologi," ujarnya.

Selain itu, Dr. Fajar Arianto, M.Pd, sebagai dosen pengampu mata kuliah menjelaskan kegiatan pelatihan oleh mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan Unesa bertujuan untuk mengimplementasikan  mata kuliah Teknologi Kinerja dan Pengelolaan Pelatihan.  ‘’Pelatihan Educandy diharapkan dapat meningkatkan kinerja para guru dalam pembelajaran yang akana berdampak pada prestasi akademik siswa. Salah satu usaha peningkatan kinerja yaitu dengan intervensi yang berupa pelatihan. Selain itu, mahasiswa belajar tentang bagaimana mengelola pelatihan yang didasarkan pada analisis kebutuhan, “ jelasnya.

Para pembicara berbagi wawasan dengan para peserta mengenai beberapa media yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti educandy, wordwall, kahoot dan masih banyak lagi lainnya. Pembicara menjelaskan bagaimana cara mengaplikasikan media educandy pada proses pembelajaran baik secara daring maupun luring. Untuk media yang digunakan begitu efektif dan inovatif sehingga menarik perhatian siswa ada proses pembelajaran.

Baca Juga: Tunda Peluncuran Segmen Mobil Listrik, Aston Martin Lebih Pilih PHEV

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi Lembaga dan para guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran,” kesan dari Ibu Siti Nur Muzayyatin, S.Pd, Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum. Dan berharap  pelatihan ini akan terus berlanjut bagi lembagannya dan Lembaga lain. Kerja sama antara perguruan tinggi, Unesa, dengan MI di Mojokerto terus berlanjut untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Dalam hal ini, Program Studi Teknologi Pendidikan juga menjalin kerja sama yang berupa MoA kepada 6 lembaga MI.

Jihan, sebagai salah satu pembicara memaparkan materi pemanfaatan aplikasi educandy dan wordwall sebagai integrasi strategi pembelajaran yang lebih efisien. Dalam presentasinya, dia juga mengungkapkan bahwa Pembelajaran itu dari dalam diri peserta didik, jadi tidak harus dipaksa oleh guru karena peserta didik bisa belajar mandiri.

Media wordwall ini memudahkan guru dalam merancang materi dan soal pembelajaran dengan menyertakan audio-visual, dan bisa dibagikan ke peserta didik untuk diakses. Jadi peserta didik tidak akan merasa bosan karena mereka bermain sambil belajar, tidak hanya bermain tetapi juga sambil belajar.

Baca Juga: UNESA Satu Langkah Didepan: Rektor Lantik Pejabat Baru, Perkuat Transformasi PTN-BH

Bibiet, mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya menegaskan bahwa dalam pembelajaran, siswa akan merasa bahwa pembelajaran yang diikuti begitu menyenangkan dengan media yang digunakan berupa games. Kenapa games? Karena penggunaan dan pemanfaatan teknologi mellui inovasi media pembelajaran.

Pelatihan pemanfaatan aplikasi educandy dan wordwall sebagai integrasi Technology Based Learning Strategies berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan kinerja guru dalam memanfaatkan aplikasi media pembelajaran. Para peserta begitu antusias dan aktif selama pelatihan. Pada sesi diskusi, pemateri dan peserta pelatihan saling berbagi wawasan terkait media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Pelatihan ini membuat para peserta mengetahui lebih banyak media pembelajaran interaktif baik secara luring ataupun daring.

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Unesa akan terus belajar dan berinovasi untuk mengadakan pelatihan Pemanfaatan Media Pengembangan dan penerapan teknologi pendidikan yang efektif dalam konteks pendidikan masa depan yang menyenangkan.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU