Ratusan Koper Milik CJH Tuban Bakal Diberangkatkan ke Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Mei 2023 17:25 WIB

Ratusan Koper Milik CJH Tuban Bakal Diberangkatkan ke Surabaya

i

Ratusan Koper Milik CJH kloter 18 dan 19 asal Kabupaten Tuban

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Koper Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tuban mulai dikumpulkan di kantor Kemenag Tuban, Senin, (29/05/23). Koper tersebut meliputi JCH kloter 18 dan 19 yang akan berangkat ke embarkasi Surabaya Selasa 30 Mei 2023 besok.

Kepala Kemenag Tuban, Ahmad Munir, mengatakan, pengumpulan koper ini khusus untuk jemaah kloter 18 dan 19. Sedangkan yang untuk kloter 24 dikumpulkan Kamis (01/06). 

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Sebab menurutnya, hal itu untuk menghindari kemacetan di Kabupaten Gresik yang mungkin terjadi karena dalam beberapa hari ini sedang ada perbaikan jalan. 

"Untuk keberangkatan, besok para JCH sudah kita instruksikan pukul 13.00 wib kumpul di Pemkab, sebab sebelum pukul 16.00 wib rencananya sudah berangkat," ucapnya.

Masih menurut Munir, koper JCH berisikan pakaian, alat-alat untuk ihram dan sebagainya. Yang pasti tidak boleh barang terlarang. Sedangkan untuk bobot maksimal tidak boleh lebih dari 20 Kg. 

Atas dasar itu, pihaknya sudah mewanti-wanti kepada kepala regu, kepala rombongan dan KUA agar koper tersebut tidak melebihi kapasitas atau ada barang terlarang yang memungkinkan koper akan dibongkar. 

Baca Juga: Ditinggal Shalat Tarawih, Kandang Sapi di Tuban Hangus Terbakar Gegara Bediang

"Beberapa hari kemarin ada evaluasi dari Kanwil Kemenag terkait koper JCH yang masih ada melebihi kapasitas, sehingga setelah dibongkar ternyata isinya durian, rokok yang berlebihan," imbuhnya.

Disampaikan oleh Munir, koper JCH tahun ini beda dengan tahun lalu. Bedanya, koper tahun lalu bisa mengembang dan berkapasitas hingga 35 kilogram, koper tahun ini berbahan plastik, bentuknya pas ukuran maksimal 20 kilogram dan lebih kecil dari tahun lalu.

"Kopernya ini kalau dipaksakan melebihi kapasitas bisa pecah, sebab bahannya plastik," sambung pria asli Bojonegoro itu.

Baca Juga: Kemenag: Kabupaten Tuban Dapat Urutan Pertama Keberangkatan Haji 2024

Setelah pengumpulan koper ini beres, lanjutnya, maka nanti malam, semua koper milik JCH kloter 18 dan 19 tersebut akan diberangkatkan ke Surabaya.

Dikatakan oleh dia, total JCH asal Kabupaten Tuban yang tergabung di kloter 18 sebanyak 445 jemaah dan kloter 19 445 jemaah. Dan mengenai pemberangkatannya, JCH akan diangkut menggunakan 20 bus. 

"Total ada 20 bus untuk keberangkatan kloter 18 dan 19 besok," tandasnya. Her

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU