Rempah Berkhasiat yang Tingkatkan Imun dan Kesehatan Bumil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Agu 2021 10:49 WIB

Rempah Berkhasiat yang Tingkatkan Imun dan Kesehatan Bumil

i

Saffron. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Saffron merupakan salah satu rempah yang dikenal berkhasiat untuk ibu hamil dan dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kehamilan. Selain itu, saffron juga bisa dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh atau susu.

Namun, ketika ingin mengonsumsi saffron maupun bahan herbal lainnya, wanita hamil diwajibkan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba saffron. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping yang bisa membahayakan sang ibu dan janin yang dikandungnya.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Bila Bumil ingin mengonsumsi saffron, pastikan Bumil tidak menyantapnya lebih dari 5 gram per hari. Pada dosis yang tinggi, saffron bersifat stimulan bagi rahim, sehingga bisa memicu kontraksi dan menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Bumil tidak perlu terlalu khawatir dalam memanfaatkan saffron. Porsi konsumsi rempah berwarna merah ini biasanya sangat kecil. Bahkan, 2–3 helai saffron (

Senyawa aktif yang ada di dalam saffron memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Bumil agar tidak mudah sakit. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, daya tahan tubuh Bumil harus kuat supaya tidak gampang terinfeksi virus Corona.

Selain itu, Saffron juga mampu mengatasi mood swings (memperbaiki suasana hati). Dengan mengonsumsi rempah ini, suasana hati Bumil bisa meningkat. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saffron mampu meringankan gejala depresi.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Tak hanya itu, kebanyakan wanita hamil akan merasakan sakit perut akibat sistem pencernaan yang melambat. Saffron untuk ibu hamil dipercaya ampuh meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan, sehingga metabolisme tubuh pun meningkat.

Tidak hanya itu, saffron untuk ibu hamil juga disebut dapat membentuk lapisan pelindung di dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, gejala perut kembung akibat hamil dapat berkurang.

Khasiat bunga saffron untuk ibu hamil juga membantu mengatasi kram. Kram adalah “musuh” bagi para ibu hamil yang menyerang otot dan tulang, terutama ketika sudah mendekati waktu persalinan.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Hal ini disebabkan oleh meregangnya tulang dan otot ibu hamil, saat sang janin tumbuh di dalam rahim. Saffron untuk ibu hamil bertindak sebagai pereda nyeri alami, yang ampuh melemaskan otot-otot dan meredakan kram.

Fluktuasi hormon saat kehamilan bisa menyebabkan kerontokan rambut. Untungnya, saffron untuk ibu hamil bisa menyuburkan dan memperkuat rambut dengan kandungan antioksidannya.Untuk meraih manfaat saffron untuk ibu hamil yang satu ini, para calon ibu bisa mengoleskan campuran susu, saffron dan akar manis ke rambut. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU