Sebar Manfaat, Rakernas II PP Pessandra Hasilkan 32 Program Merakyat

Ketum PP Pessandra Sulanam saat menyampaikan sambutannya dalam Rakernas II. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan -Pengurus Pusat Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (PP Pessandra) telah berhasil menelurkan 32 program merakyat,  yang dicetuskan oleh 9 bidang dalam Rapat Nasional (Rakernas) ke II, di Gedung Pertemuan Pondok Pesantren Sunan Drajat, Banjaranyar Paciran Lamongan, Jum'at (22/10/2021), dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan ketat.

Rakernas yang dibarengi dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN), seperti disampaikan oleh Sulanam Ketum PP Pessandra, dilaksanakan sebagai tindak lanjut Munas ke II yang digelar pada bulan Mei 2021 yang lalu.

"Kami baru gelar Rakernas hari ini, pertimbangan nya karena kasus covid-19 di Lamongan dan beberapa daerah sudah melandai, sehingga Rakernas bisa terlaksana, dan Alhamdulillah semua bidang bisa berkontribusi menelurkan berbagai program yang bisa dilaksanakan sepanjang setahun kedepan," ujar pria yang juga dosen UIN Surabaya ini dalam sambutanya.

Disebutkan olehnya, ke 32 program yang telah ditelurkan itu lanjutnya, 9 diantaranya menjadi program andalan dan menjadi prioritas dari 9 bidang, diantaranya Bidang Pendidikan dengan program Institusionalisasi ajaran inti Sunan Drajat di Pesantren jaringan alumni Drajat. Bidang keagamaan; Pemantapan teo-ideologi dan jejaring Santri Alumni Sunan Drajat.

Selanjutnya Bidang Usaha ada program Produksi olahan melalui Branding Gudang Sunan Drajat (GSD),  Bidang Humas & Media: Smart digital Pesantren, Bidang Hukum menelurkan program Literasi dan Asistensi Hukum bagi Santri dan Alumni Sunan Drajat.

Bidang sosial ada program  Pembentukan Lembaga Amil Zakat (LAZ),  dan Pessandra Peduli. Bidang pemberdayaan perempuan programnya ada pengarusutamaan hak perempuan, anak, dan keluarga. Sementara Bidang Seni Budaya program Penguatan dan Pembentukan jaringan seni budaya Sunan Drajat, dan Bidang lingkungan hidup ada  Gerakan Indonesia Hijau.

"9 Program prioritas ini diharapkan mampu menjadi bagian yang terpenting untuk terus menebar kemanfaatan untuk alumni dan masyarakat pada umumnya. "Program yang ditelurkan tadi cukup merakyat, dan diharapkan bisa bermanfaat untuk alumni dan masyarakat," harapnya.

 

Sementara itu, usai menggelar Rakernas ke II, Pengurus PP Pessandra periode 2021-2024 selanjutnya malam harinya akan dilantik oleh pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat, Prof.Dr KH. Abd Ghofur bersamaan dengan tasyakuran Hari Satri Nasional (HSN) di Lapangan timur Aula PPSD.

"Rangkaian kegiatan HSN ini oleh Pessandra diawali dengan kegiatan Rakernas dan ditutup dengan pelantikan pengurus PP Pessandra. Kami berharap usai pelantikan ini, tahun depan pengurus bisa langsung merealisasikan dan menjalankan program yang dicanangkan," pungkasnya. jir