Tabung Oksigen di Tulungagung, Untuk Ikan Koi, Bukan untuk Pasien COVID-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Jul 2021 13:20 WIB

Tabung Oksigen di Tulungagung, Untuk Ikan Koi, Bukan untuk Pasien COVID-19

i

IST. Deretan tabung oksigen menunggu untuk diisi, Kamis (22/7/2021)

  1. SURABAYAPAGI, Surabaya - Selalu ada celah yang dimanfaatkan pelaku kejahatan, kita harus hati-hati. Dimana, beberapa tabung oksigen yang diduga berisi oksigen palsu beredar di Tulungagung. Polisi menyebut temuan oksigen palsu ini bukan untuk pasien COVID-19, melainkan untuk mengisi udara saat mengemas ikan hidup yang hendak dikirim ke luar daerah.

"Oksigen yang kejadian di Tulungagung bukan untuk kepentingan pasien COVID-19. Namun untuk ikan koi,"ujar Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (22/7/2021).

Farman memaparkan temuan ini pertama diketahui oleh kalangan peternak ikan koi dan ikan hias di Kelurahan Tamanan dan di Desa Pulosari, Tulungagung. Saat itu, peternak ikan hias mulai menyadari jika oksigen tersebut diduga palsu setelah ikan di kantong yang diisi oksigen megap-megap hingga mati. Ikan-ikan yang hendak dikirim tersebut justru mati sekitar 15 menit setelah diberi oksigen.

Sementara itu, perwira dengan tiga melati dipundak ini mengatakan pihak Satreskrim Polres Tulungagung tengah mendalami temuan ini. Polisi juga telah mengamankan tabung oksigen yang dipakai dan diduga palsu. Tak hanya itu, Polda Jatim saat ini sedang menyelidiki apakah ada kemungkinan ada tabung oksigen lain, yang diisi di Pacitan, yang digunakan untuk pasien Covid 19. " Saat ini anggota Ditreskrimsus Polda Jatim, sedang melakukan penyelidikan yang mendalam,"ujar Ditreskrimsus Kombes Pol Farman.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Christian Kosasih mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan. "Kita masih melakukan penyelidikan," kata Kosasih saat dihubungi di Surabaya, Kamis (22/7/2021).

Para peternak ikan hias menduga tabung tersebut diisi udara biasa dari kompresor mesin tambal ban. "Awalnya ada laporan dari komunitas ikan hias di Tulungagung, ada temuan oksigen yang diduga palsu. Tapi oksigennya bukan untuk kesehatan, itu oksigennya untuk mengemas ikan agar segar," paparnya.

Kosasih menambahkan tabung oksigen tersebut didapatkan dari Pacitan. Saat ini, timnya masih mendalami temuan tabung berisi oksigen yang diduga palsu tersebut. "Keterangannya, karena oksigen langka, nah dia minta tolong carikan sama temannya, dapatnya di Pacitan. Nanti jika ada perkembangan akan kami sampaikan lagi," pungkasnya.nt

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU