Tips Memilih PR Consultant Jakarta Terbaik

PR Consultant Jakarta /ist

Bisnis sudah berubah. Anda mungkin ingin segera meluncurkan brand atau memperkenalkan link produk atau anda mungkin telah menerima dana besar. Ini menjadi momen untuk mempercepat keberhasilan bisnis anda. Sekarang saatnya menyewa PR consultant Jakarta. Dari sekian banyak pilihan, anda harus membuat pilihan yang tepat karena nama brand anda dipertaruhkan. Mempekerjakan konsultan baru memang menyenangkan sekaligus menakutkan.

Ini bisa menjadi peluang besar dengan banyak hal yang harus dipertaruhkan tetapi anda harus menentukannya ketika melakukan pekerjaan utama anda. Jika anda ingin menyewa PR agency Jakarta yang terus bersama anda di masa depan maka itu menjadi semakin sulit. Perusahaan seringkali menyewa konsultan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka. Sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan PR, anda sebaiknya memperhatikan beberapa kriteria.

Tips Memilih PR Consultant Jakarta Terbaik

Tugas penting seorang wirausahawan, salah satunya adalah menyebarkan berita. Anda tidak bisa menghasilkan uang dari sesuatu yang  tidak diketahui oleh siapapun. Itulah mengapa penting untuk membuat kit pers dan menangani pers release. Tetapi kalau anda terlalu sibuk untuk mengerjakan berbagai hal ini sendiri, anda harus bekerja dengan perusahaan PR. Bahkan jika anda punya waktu, keahlian agen PR berpotensi membuat apa yang anda jual di depan lebih banyak orang dibandingkan dengan yang bisa anda lakukan sendiri.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih konsultan PR terbaik:

1.      Apakah Mereka Bisa Menangkap Maksud Anda?

Ini menjadi factor penting namun itu tidak berarti mereka harus punya pengalaman khusus dalam industry anda. Konsultan PR yang anda pilih akan memberikan tanda bahwa mereka memahami masalah bisnis anda dan memiliki solusi yang efektif dan kreatif. Pengalaman dari kategori lain seringkali bisa menghasilkan liputan media serta penjualan yang lebih baik.

Apakah calon konsultan PR anda inventif? Bisa mereka menunjukkan efektivitasnya dalam hasil dan pekerjaan?Jika iya, maka kesuksesan sudah menunggu anda.

2.      Ukuran Agensi

Jangan terjebak dengan pemikiran “Anggaran besar, agensi besar; Anggaran kecil, agensi kecil.” Beberapa agensi besar memberikan umpan serta beralih selama proses pitch. Orang-orang dari agensi besar melakukan pitch dan menjual kemudian pekerja junior dibiarkan melakukan pekerjaan. Tetapi kalau anda memiliki jaringan kantor global yang besar dengan kebutuhan PR yang cukup penting di banyak negara dan jika anda memiliki anggaran global yang besar untuk mendukungnya, maka masuk akal untuk menyewa agensi PR global besar.

Jika tidak, anda bisa memilih agensi yang lebih kecil. Dengan demikian, anda bisa melibatkan pimpinan senior dan tim senior setiap minggu. Bahkan jika agensi yang lebih kecil harus mempekerjakan orang lain untuk  mendukung program anda, agensi yang sedang berkembang memiliki kinerja yang lebih  baik yang bisa mengalahkan agensi yang lebih besar dengan prioritasnya terhadap manajemen biaya.

Public Realtion Agensi Indonesia3.      Menyelaraskan Kemampuan

Anda membutuhkan konsultan PR namun anda juga membutuhkan konten, manajemen media sosial dan dalam beberapa kasus, anda membutuhkan digital marketing untuk mendukung program anda.Beberapa agensi memiliki pengalaman PR namun memalsukan kemampuan media sosial atau digital marketing.

Pastikan kemampuan lain yang dibutuhkan untuk program anda memang didukung oleh orang-orang yang memang berpengalaman (menginspirasi) dengan keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap agensi mengatakan bahwa mereka menyediakan layanan lengkap namun pemeriksaan kualifikasi seluruh tim akan mengungkap seberapa kuat agensi tersebut pada bidang selain PR tradisional.

Peran Konsultan Public Relation

No

Peran Konsultan Public Relation

1

Memberikan informasi penting tentang aktivasi suatu organisasi atau perusahaan yang menjadi kliennya

2

Memastikan kerjasama yang aktif dalam program yang diselenggarakan oleh organisasi serta kepatuhan menjalankan program dan aturan serta kewajiban yang sebelumnya sudah disepakati

3

Mendorong pihak lainnya mendukung kebijakan atau program yang sudah ditetapkan

4

Melayani advokat untuk administrator organisasi, menyampaikan opini pihak lain pada pembuat keputusan atau kebijakan dan mengelola isu public dalam organisasi

5

Memiliki peran untuk mengelola informasi internal, menyiapkan newsletter organisasi, membuat pengumuman secara online dan situs organisasi karyawan

6

Memfasilitasi hubungan antara media dengan organisasi dan menjaga hubungan dengan media pers local

7

Berperan sebagai saluran untuk semua pertanyaan media serta memberitahu pers mengenai organisasi dan praktik serta kebijkannya

8

Bertugas menjadi komunik atas, mengadakan kampanye sebagai bentuk dukungan dan mempromosikan berbagai program organisasi

9

Berperan memberikan pelayanan serta menyebarluaskan pesan dan informasi tentang kebijaksanaan sampai dengan program kerja

10

Menciptakan iklim yang kondusif dan memberikan pembinaan terhadap hubungan antar departemen, lembaga negara dan lembaga masyarakat

 

4.      Penyesuaian Budget

Besarnya anggaran anda kurang begitu penting dibandingkan dengan tujuan anda dan berbagai kemampuan yang dibutuhkan untuk memenuhinya. Tetapi tetaplah disiplin ketika anda mengembangkan anggaran, khususnya dalam hal kemampuan yang dibutuhkan untuk program PR di era digital pada saat ini.

5.      Berhubungan Langsung dengan Pekerja

Sebagian besar agensi memiliki orang yang memimpin pengembangan bisnis mereka. Ini bisa jadi kepala agensi atau account manager. Jika satu atau dia pimpinan berada di depan agensi selama pertandingan maka lihatlah siapa orang-orang yang ada di belakang mereka. Konsultan PR yang ideal akan membawa orang-orang yang akan memimpin kampanye dan mengerjakan bisnis anda. Mereka adalah orang-orang yang anda butuhkan untuk berhubungan.

Ini tidak berarti kepala agensi tidak akan terlibat namun kualifikasi dan kepribadian orang-orang yang akan bekerja dengan anda sehari-hari sangat penting. Jika agensi akan mengembangkan konten, pastikan orang-orang yang akan menulisnya ada di sana berpartisipasi dalam pitch. Jka anda membutuhkan media sosial dan iklan digital, maka pastikan orang-orang tersebut ikut serta dalam promosi.

6.      Kemampuan Digital

Saat ini, tidak ada lagi batas antara PR, media sosial, digital marketing dan pembuatan konten. Mitra terbaik untuk perusahaan anda dan yang lainnya adalah yang memiliki kemampuan digital untuk memperkuat dampak liputan media yang anda dapatkan dengan media sosial dan keahlian online yang lainnya. Ini termasuk mengetahui teknologi dan teknik untuk mempercepat visibilitas ke audiens yang sangat ditargetkan di luar liputan media yang didapatkan.

Sebagian besar agensi PR bisa melakukan PR tradisional. Namun mereka pura-pura memiliki keahlian dalam hal-hal digital. Agen periklanan dengan kemampuan PR mungkin memiliki kemampuan kreatif namun ada firewall antara orang-orang PR mereka serta orang-orang digital yang tersembunyi. Integrasi yang sejati hanya bisa datang dari orang-orang dengan keahlian berbeda yang bekerja secara berdampingan.

7.      Hasil

Pastikan agensi yang anda pekerjakan berkomitmen pada wawancara atau penempatan media tertentu setiap bulan. Buatlah repetisi menjamin nomor dalam kontrak mereka. Jika mereka tidak ingin berkomitmen hanya karena PR hanyalah pembangun brand awareness dan bukan alat penjualan, maka anda mungkin sudah berbicara dengan orang yang salah.

Metric sangatlahpentingpada era keterbukaan ini. Bisakah agensi mempromosikan liputan media yang didapatkan lewatiklan yang tertaut ke landing page anda? Semua tool marketing, termasuk PR, bisa mempengaruhi penjualan. Anda harus menyewa agensi yang sesuai dengan tujuan anda. Bukankah menyenangkan untuk mengetahui dengan tepat apa yang akan anda dapatkan untuk investasi anda? Ini adalah nilai jual teratas untuk para pemimpin senior anda. Agensi berikutnya harus bisa mewujudkannya.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan public relation?

-PR adalah kegiatan yang berhubungan dengan menjalin hubungan baik dengan public sasaran, PR menjalin komunikasi yang baik kepada organisasi internal dan eksternal.

Mengapa  public  relations  itu penting?

-Public relations berperan membantu pimpinan organisasi atau perushaaan baik sebagai penasihat atau konsultan dalam mengambil tindakan eksekusi untuk mengatasi berbagai persoalan atau krisis yang tengah dihadapi secara rasional dan professional.

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO professional untuk bisnis anda.