Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Bakal Dibuka Fungsional Saat Lebaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Mar 2023 09:47 WIB

Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Bakal Dibuka Fungsional Saat Lebaran

i

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A. Foto: PT Waskita Karya.

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian mengungkapkan bahwa proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi 4A dapat digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023 ini.

Helson mengatakan bahwa proses pembangunan proyek tersebut telah mencapai 95 persen dan akan dibuka secara fungsional pada April 2023.

Baca Juga: 1000 Pohon Mangga Manalagi akan Ditanam di Kawasan Kota Probolinggo

"Progres fisik pada Seksi 4A telah mencapai 95 persen. Nantinya, bagian ini akan dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan arus balik Lebaran 2023," kata Helson saat kunjungan kerja ke Kabupaten Probolinggo, Kamis (9/3/2023).

Adapun pemerintah saat ini sedang mengebut penyelesaian konstruksi seksi tol yang meliputi jalur Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 kilometer untuk melengkapi Seksi 1-3 yang telah beroperasi sejak 2019.

Ia mengklaim, ruas tol ini juga akan meningkatkan konektivitas wilayah sekaligus mendukung distribusi logistik dan mobilitas masayrakat.

Baca Juga: BPBD Probolinggo Salurkan Bantuan untuk Korban Rumah Roboh

Dengan demikian, pihaknya berharap ke depan Pemerintah daerah dapat memanfaatkan keberadaan Tol Paspro dengan membangun sentra-sentra ekonomi dan kawasan produksi rakyat di sepanjang koridor jalan tol.

"Kita optimistis Tol Paspro akan mampu menggerakkan roda perekonomian di kawasan Jawa Timur," ujarnya.

Ruas ini dikelola oleh PT Transjawa Paspro Jalan Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan dikerjakan oleh PT. Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana. Adapun, tarif untuk kendaraan Golongan I kurang lebih dibanderol sebesar Rp1.000 per kilometer

Baca Juga: Pemkab Probolinggo Alokasikan Rp 2 M untuk Tekan Inflasi

Sebagai informasi, Tol Paspro merupakan salah satu ruas utama dari Jalan Tol Trans Jawa dan merupakan pintu masuk kawasan Bromo-Tengger-Semeru. Nantinya, ruas ini akan tersambung dengan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang telah melalui groundbreaking bulan lalu.

Tol sepanjang 43,75 km tersebut terdiri dari empat seksi, yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas; Seksi 2 Tongas -Probolinggo Barat; Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur; dan Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending. prb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU