Ilustrasi Memasak Ikan

SURABAYAPAGI.com - Ikan adalah lauk favorit banyak keluarga. Namun, banyak kesalahan yang dilakukan seseorang dalam mengolah ikan.

Akibatnya, makan ikan rasanya jadi kurang mantap. Belum lagi, bentuk ikan jadi rusak karena terlalu lama memasak atau hal lain.

Padahal masak ikan lebih gampang dibandingkan daging, karena waktunya lebih singkat. Namun, tak sedikit orang yang melakukan banyak kesalahan dalam memasak ikan.

Berikut adalah lima kesalahan yang sering terjadi saat mengolah ikan. Simak ulasannya, agar Anda bisa menghindari.

Pemanggang tidak panas

Saat memanggang ikan, harusnya panggangan untuk membakar ikan cukup panas. Tapi, banyak orang yang terburu-buru, sehingga ikan dimasak asal-asalan. Jangan sembarangan, karena hal itu bisa merusak kandungan protein dalam ikan. Maka sebaiknya, sebelum memanggang ikan, panaskan lebih dulu alat pemanggangnya sampai panas. Baru letakkan ikan di atasnya, lalu masak sampai matang sempurna.

Memasak terlalu lama

Memasak ikan terlalu lama bisa bikin rasanya hilang. Maka paling tidak Anda memasak ikan selama 10 menit saja, jika dagingnya tebal. Saat masak, perhatikan pula bentuk dagingnya. Masaklah ikan dengan praktis agar tidak terlalu matang berlebihan. Ikan jenis apapun, hampir diolah dengan cara yang sama dan jangan terlalu lama.

Anda terlalu sering menyentuhnya

Saat memotong ikan harus hati-hati, jangan sampai Anda terlalu sering menyentuh. Ikan bisa rusak atau malah nanti kehilangan rasa. Saat memasaknya juga jangan gunakan penjepit ikan. Membolak-balik ikan juga jangan gunakan spatula, karena bikin ikan rusak.

Salah mengolah ikan frozen

Mencairkan ikan beku pada suhu kamar atau dengan air panas memberi banyak kesempatan bagi bakteri untuk tumbuh. Sebagai gantinya, mencairkan ikan selama empat sampai lima jam di kulkas. Jika Anda perlu mencairkan dengan cepat, letakkan di dalam mangkuk yang berisi air yang sangat dingin dengan plastik penyimpannya. Ikan harus benar-benar tertutup, meski dibekukan. Kalau tidak, dampaknya bikin bakteri cepat berkembang biak.

Terlalu banyak garam saat marinasi

Proses marinasi adalah kunci utama ikan enak dimasak dan dimakan. Tapi, kebanyakan orang berlebihan membumbui ikan itu. Paling sering terjadi yakni terlalu banyak garam. Berhati-hatilah untuk tidak memarinasi terlalu lama, yang akan membuat ikan lembek. Adapun bahan yang disarankan yakni campurkan aadas, lemon, dan sedikit minyak zaitun agar ikan terasa lezat. (oz/cr)