Ilustrasi Putih Telur

SURABAYAPAGI.com - Sudah tahukah Anda bahwa putih telur banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya protein, kalium, magnesium, mangan, tembaga, kalsium, lemak, folat, besi, niacin, asam pantotenat, Fosfor, Riboflavin, Selenium, Sodium, Thiamin, Vitamin B6, Vitamin B 12. Selain itu putih telur juga tidak mengandung kolestrol.

Jika banyak yang beranggapan kalau telur tinggi kolesterol itu hanya pada kuningnya saja.

Nah, manfaat apa saja yang didapat dari mengkonsumsi putih telur bagi kesehatan? Berikut penjelasannya:

Pertumbuhan otot

Putih telur mengandung protein yang dibutuhkan untuk membangun otot. Selain itu, memasukkan putih telur ke dalam makanan anak-anak sangat penting karena mereka memerlukan protein dalam jumlah tinggi untuk membangun otot padat. Menurut Kanter,

"Protein berkualitas tinggi membantu membangun otot dan memungkinkan orang merasa kenyang lebih lama dan tetap bersemangat, yang dapat membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat."

Membantu dalam menjaga tekanan darah

Tingkat tekanan darah tinggi jangan sampai diabaikan dan perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Ahli gizi merekomendasikan mengkonsumsi kalium untuk menyeimbangkan tingkat tekanan darah tinggi dan Anda bisa mendapatkan potassium dalam jumlah yang cukup dari putih telur. Nutrisi tidak hanya mengatur tekanan darah Anda, tapi juga membantu mencegah tulang dan jantung dari faktor-faktor yang merusak seperti stroke atau patah tulang. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi putih telur untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Mengkonsumsi putih telur dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Putih telur mengandung mineral dan vitamin yang membantu meningkatkan aliran darah dan kalium pada putih telur berfungsi mencegah pembekuan darah dan penyakit jantung iskemik lainnya.

Bagus untuk penderita diabetes

Orang dengan diabetes memiliki lebih sedikit pilihan makanan saat sarapan. Putih telur dapat bekerja dengan baik dalam hal ini. Satu butir putih telur rebus dianggap makanan lengkap dan bergizi bagi penderita diabetes yang dapat mencegahnya dari masalah kardiovaskular, kolesterol dan tekanan darah.

Mencegah Penuaan dini

Mengkonsumsi putih telur secara teratur juga membantu peremajaan sel dan jaringan yang akan menghasilkan kulit yang halus. Dengan demikian, ini adalah sumber yang aman untuk melawan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput.

Mencegah Fatigue (kelelahan)

Jika Anda menghadapi kelelahan dan pusing tiba-tiba, Anda dapat mengkonsumsi putih telur untuk memeranginya. Namun, disarankan agar tidak memilih pengobatan sendiri jika terjadi kelelahan kronis dan berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menghindari penyakit kesehatan lebih lanjut.

Bekerja sebagai Suplemen

Kandungan nutrisi pada putih telur dianggap para ahli gizi sebagai suplemen yang dapat mengobati berbagai masalah kesehatan pada anak-anak dan orang dewasa. Satu porsi putih telur dianjurkan setidaknya tiga kali seminggu untuk menuai khasiat yang bermanfaat. Ini sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis pada wanita pascamenopause.

Sementara putih telur memiliki banyak manfaaat bagi kesehataan, Anda perlu memperhatikan juga resiko terlalu banyak mengkonsumsi putih telur seperti alergi. (oz/02)