SURABAYAPAGI.com, Jember - Pada Minggu 05/08/2018 Pukul 06.00 Wib dilaksanakan kegiatan dengan tajuk Ngonthel Bareng Pangdam V/Brawijaya dengan start dari Kodim 0824 dan finish di Taman Wisata Botani Jember diikuti sekitar 3000 peserta.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Kepala Staf Kodam V/Brw Brigjen TNI Widodo Iryansyah didampingi para Asisten Kodam V/Brw, Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Para Dandim Jajaran Korem 083/Bdj, drg Abdul Rochim, MMR (Suami dr Hj Faida MMR), Pengurus Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Jawa Timur Imam Fongres dan Ketua Kosti Jember Prof Mulyono beserta 3000 peserta dari Kosti Jember, Bondowoso, Lumajang, Malang dan Surabaya.

Dalam sambutannya sebelum mengibarkan bendera start Brigjen TNI Widodo Iryansyah menyampaikan permohonan maaf "Karena sedianya Pangdam V/Brw Mayjen TNI Arif Rahman yang hadir yang telah dinobatkan sebagai Bapak Sepeda namun karena ada tugas ke Jakarta sehingga diwakilkan kepada saya," Katanya.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh onthelis yang telah hadir, ini sangat luar biasa karena tidak hanya dari Kabupaten Jember saja pesertanya tetapi ada dari Bondowoso, Lumajang, Malang bahkan Surabaya, untuk itu saya sampaikan terima kasih atas kehadirannya pada ngonthel bareng Pangdam V/Brw.

Selanjutnya dalam sambutannya Bupati Jember dr Hj Faida MMR sangat terkesan dengan pelaksanaan Ngonthel Bareng Pangdam V/Brw ini, kegiatan khusus yang menghadirkan sepeda kuno. Seperti ini memang baru sekarang ini dilaksanakan di Kodim 0824 sehingga kedepan hal ini akan kita agendakan lagi.

Bendera start secara bersamaan dilepas oleh Brigjen TNI Widodo Iryansyah bersama dr Hj Faida MMR, drg Abdul Richim serta Letkol inf Arif Munawar, Selanjutnya Brigjen TNI Widodo Iryansyah berserta Bupati undangan lainnya ikut ngonthel sejauh sekitat 13 Km.

Digaris finish disambut oleh pemilik Botani Bapak Febri kemudian melaksanakan transit dan selanjutnya menyerahkan bingkisan sembako kepada 75 orang kaum duafa dan penyerahan hadiah doorprise undian peserta ngonthel bareng tersebut.

Dalam wawancaranya di tempat finish, Brigjen TNI Widodo Iryansyah menyampaikan "Bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Menyemarakkan HUT RI Ke 73. Dipilihnya sepeda onthel kuno ini untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan bangsa bahwa dahulu memakai sepedan seperti ini sebelum.ada motor.dan lain-lain," ujar Widodo.

Brigjen TNI Widodo iryansyah juga sangat terkesan dengan masyarakat Jember bahwa dalam rangka HUT Kemerdekkan RI ini masyarakat saya lihat sudah memasang bendera dirumahnya Masing-Masing, Umbul-umbul dan aneka hiasan merah putih. Sehingga masyarakat Jember memiliki cinta tanah air dan bela negara yang tinggi dalam mewarisi semangat perjuangan. ndik


Kepala Staf Kodam V/Brw, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar.