•   Selasa, 17 September 2019
Ramadhan

Bubur Kanji Rumbi : Bubur Khas Aceh untuk Berbuka Puasa

( words)
Bubur kanji rumbi


SURABAYAPAGI.com - Aceh punya varian bubur gurih spesial. Bubur kaya rempah ini diberi berbagai macam isian.
Bubur kanji rumbi identik sebagai menu buka puasa di Aceh. Bubur ini biasanya dibuat dalam jumlah banyak sekaligus di masjid-masjid besar. Menjelang buka puasa, bubur lalu dibagikan ke masyarakat sekitar.
Adalah wilayah Kabupaten Pidie yang paling banyak menyajikan bubur kanji rumbi selama ramadan. Namun bubur ini juga mudah ditemui di desa-desa lain di Aceh.
Biasanya pembuatan bubur kanji rumbi di masjid difasilitasi pemerintah setempat. Ada dana khusus untuk membuat bubur ini dalam jumlah banyak setiap hari.
Tampilan bubur kanji rumbi mirip bubur ayam. Bedanya, bubur beras ini diberi tambahan isian seperti potongan daging dan udang. Ada juga sayuran seperti kentang dan wortel.
Mengenai bumbu, ada banyak pemakaian rempah pada sajian bubur kanji rumbi. Diantaranya kunyit, jahe, lada, cabai, bawang, dan daun sop.
Kabarnya perlu keahlian khusus untuk meracik bubur kanji rumbi. Takaran penggunaan bahan dan bumbunya harus pas agar cita rasanya tetap enak meski dibuat dalam jumlah banyak sekaligus.
Menyantap bubur kanji rumbi saat berbuka puasa baik bagi kesehatan. Selain bisa hangatkan perut, makan bubur gurih ini juga memungkinkan saluran pencernaan tidak bekerja terlalu keras usai seharian berpuasa.
Kalau mau mencicipnya langsung di Aceh, pastikan berkunjung saat bulan ramadan. Pasalnya tidak banyak penjual yang menyediakan bubur kanji rumbi pada hari-hari biasa.

Berita Populer