•   Minggu, 21 Juli 2019
Pendidikan

Kemampuan Peserta Didik Beragam Tantangan Penjaringan Di Jalur Zonasi

( words)
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Lumajang, Lutfi Isa Anshori


SURABAYAPAGI.com, Jember- Sistem zonasi menghasilkan para peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda. Diberlakukannya jalur zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran di Sekolah.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jember, Lutfi Isa Anshori, menjelaskan, satu sisi penerapan sistem zonasi ini sangat membantu pemerataan peserta didik karena kedekatan jarak antara rumah dengan sekolah. “Di sisi lain adalah kemampuan peserta didik yang beragam.” Kata Lutfi, Selasa 18 Juni 2019.
Lutfi juga menerangkan, beragamnya input dari penjaringan di jalur zonasi ini merupakan tantangan bagi sekolah untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah agar menjadi terbaik. “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya denga n parameter nilau Ujian Nasional, di sekolah-sekolah tertentu hanya dipenuhi oleh para peserta didik yang memiliki rata-rata Ujian Nasional tinggi.” Ujarnya.
Lebih lanjut Lutfi menambahkan, pihaknya juga akan melakukan terobosan terkait pemetaan kompetensi tenaga pendidik. “zonasi ini nantinya akan didukung dengan pemetaan guru, sarana dan prasarana. Lambat laun, kualitas sekolah pun semakin merata,” pungkasnya.(Koes).

Berita Populer