•   Jumat, 6 Desember 2019
Traveling

8 Monumen Bersejarah Yang Lekat Dengan Kota Surabaya

( words)
Monumen Jalesveva Jayamahe


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di ibu kota Jawa Timur ini, titah kota pahlawan pun disematkan sebagai wujud heroisme warga Surabaya dalam pertempuran bersejarah pada 10 november 1945 silam.
Tak heran jika di kota ini kalian dapat menemukan berbagai monumen bersejarah yang dibuat untuk mengenang peristiwa sejarah di masa lalu. Dari sekian banyak monumen, Surabayapagi.com telah merangkum 8 monumen bersejerah yang melekat dengan kota Surabaya.
1. Monumen Perjuangan Polri
Monumen perjuangan Polisi Republik Indonesia (Polri) merupakan lambang atas perjuangan melawan penjajahan Jepang. Prasasti yang terletak di Jalan Raya Darmo ini ditujukan untuk mengukuhkan tekad aparat penegak hukum yang senantiasa setia terhadap Negara dan terus berjuang bersama rakyat.
2. Monumen Wira Surya
Terletak tidak jauh dengan jembatan Wonokromo, monumen Wira Surya merupakan salah satu icon kota Surabaya. Monumen ini di tujukan untuk mengenang perjuangan warga Surabaya melawan tentara sekutu yang dipimpin oleh Brigjenn Mallaby.
3. Monumen Gubernur Soerjo
Gubernur Soerjo merupakan nama gubernur pertama Jawa Tmur. Di bangunnya Monumen Gubernur Soerjo tak lain sebagai wujud penghormatan kepadanya karena telah menjadi korban pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1928.
4. Monumen Jendral Soedirman
Terletak di Jl. Yos Sudarso, Genteng, monumen Jendral Soedirman di tujukan untuk menghormati perjuangan Jendral Soedirman dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia. Di monument ini juga terdapat kata-kata mutiara Jendral besar ini dalam membangkitkan semangat perjuangan.
5. Monumen Bambu Runcing
Bambu Runcing merupakan salah satu senjata andalan masyarakat Indonesia khusunya masyarakat Surabaya dalam memperjuangan kemerdekaan. Monumen Bambu Runcing telah menjadi salah satu icon Surabaya dan juga seringkali dikunjungi sebagai destinasi wisata.
6. Monumen Jalesveva Jayamahe
Dengan gagah membawa pedang kehormatan dan menghadap ke laut, Monumen Jalesveva Jayamahe mengambarkan angkatan laut Indonesia yang berjaya. Selain itu monumen ini juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal yang berada di sekitar.
7. Monumen Tugu Pahlawan
Monumen Tuguh Pahlawan merupakan icon Surabaya yang dikenal luas di Indonesia. Monumen ini sengaja dibangun untuk memperingati peristiwa penting, yakni pertempuran 10 November 1945.
8. Monumen Joko Dolog
Terletak di Jalan Apsari, Monumen atau Patung Joko Dolog telah dinobatkan sebagai salah satu Cagar Budaya. Konon Monumen ini merupakan perwujudan dari pura Raja Kartanegara yang merupakan Raja Singosari terakhir yang bernama Wisnu Wardhana. Hb

Berita Populer